Kisah Wilhelm Zahn, Komandan Kapal Selam Jerman yang Hampir Membunuh Churchill, Torpedo yang Diluncurkannya Gagal Meledak

K. Tatik Wardayati

Penulis

Zahn Wilhelm, komandan kapal selam yang hampir membunuh Churchill
Zahn Wilhelm, komandan kapal selam yang hampir membunuh Churchill

Intisari-Online.com – Pagi 30 Oktober 1939 itu, komandan kapal selam Jerman Wilhelm Zahn membawa kapalnya ke kedalaman periskop untuk memindai cakrawala.

Menurut catatan perang Jerman, U-56 sedang berkeliaran di perairan lepas pantai utara Inggris, tepat di sebelah barat Orkneys.

Tidak lama kemudian Zahn telah melihat beberapa kapal Angkatan Laut Kerajaan, termasuk HMS Nelson dan HMS Rodney, dua kapal perang besar yang merupakan kunci Armada Dalam Negeri Inggris pada saat itu.

Hanya dua minggu sebelumnya, kapal selam lain berhasil menenggelamkan HMS Royal Oak yang berlabuh di Scapa Flow di Orkney, menewaskan lebih dari 800 orang.

Baca Juga: Padahal Salah Satu Senjata Terkuat Jepang, Kapal Selam Seberat 2.900 Ton Ini Langsung Ringsek Saat Menabrak Kapal China Ini, Ini Foto-fotonya

Serangan berani tersebut membuat komandannya terkenal, Günther Prien, yang menjadi perwira kapal selam Jerman pertama yang dianugerahi Knight's Cross of the Iron Cross.

Sekarang takdir telah memberi Zahn kesempatan serupa untuk memukul kekuatan dan moral maritim Inggris, kesempatan untuk mengklaim kemenangan Jerman lainnya di awal perang.

Tanpa sepengetahuan komandan berusia 29 tahun itu, salah satu target dalam pandangannya jauh lebih berharga daripada yang pernah dia bayangkan.

Di atas kapal Nelson tidak lain adalah Winston Churchill, yang mengadakan konferensi dengan pimpinan Royal Navy untuk membahas tenggelamnya Royal Oak.

Baca Juga: Bisa Ratakan Puluhan Kota Uni Soviet Sekali Tembak, Kapal Selam Paling Mengerikan di Dunia Milik Amerika Ini Dikirim Untuk Halau China di Pasifik, Ini Kehebatannya

Termasuk dalam daftar pejabat militer itu adalah Laksamana Armada Dalam Negeri, Sir Charles Forbes, serta Penguasa Laut Pertama saat itu, Sir Dudley Pound.

Mengingat jumlah kapal perang Inggris yang melindungi daerah tersebut, dikatakan sebagai 11 kapal perusak lagi, manuver U-56 Zahn yang tidak terdeteksi ke dalam jarak serang dari target utama tersebut cukup ajaib.

Namun, jendela untuk menyerang awalnya tidak tampak mungkin karena kapal perang itu menuju langsung ke posisinya.

Namun, tiba-tiba kapal membelok 20 – 30 derajat, membawanya ke garis tembak langsung dengan U-56.

Pertama dalam bidang penglihatan Zahn adalah Rodney, yang memimpin pembentukan kapal Inggris.

Komandan Jerman memutuskan untuk membiarkannya lewat dan sebagai gantinya, dia memfokuskan pandangannya pada kapal perang berikutnya dalam jangkauannya, Nelson.

Pada jarak hanya 800 meter, kemungkinan kapal selam Jerman mengenai targetnya sangat tinggi.

'Sebuah pengaturan yang ideal,' Zahn kemudian akan menyatakan, 'kipas torpedo melaju dengan mulus, seperti pada latihan menembak'.

Saat tiga torpedo meluncur ke arah kapal induk Nelson, mereka yang berada di kapal selam Jerman mendengarkan suara khas ledakan bawah laut di hidrofon kapal selam.

Baca Juga: Meski Tak Pernah Punya Urusan dengan China, Ternyata Ini Alasan Prancis Berani Kirim KapalSelam Nuklirnya untuk 'Nimbrung'di Laut China Selatan

Suara itu tidak pernah terdengar. Sebaliknya, seorang operator sonar di U-56 diduga mendengar dua torpedo menghantam Nelson tetapi gagal meledak.

Nasib ketiga masih diperdebatkan, beberapa mengklaim itu juga menghantam lambung kapal perang Inggris dan gagal meledak, yang lain menyatakan itu meleset dari target dan meledak di laut.

Apa pun itu, serangan yang gagal itu mengingatkan mereka yang berada di atas Nelson akan bahaya tersembunyi yang mengintai di bawah.

Dengan elemen kejutan yang sekarang telah hilang, Zahn memerintahkan kapal selamnya untuk menyelam ke perairan yang lebih dalam untuk menghindari kapal perang yang siaga di atas.

U-56 menyelinap ke kedalaman Laut Utara; apa yang bisa menjadi momen yang mengubah permainan dan menentukan dari Perang Dunia II, berubah menjadi salah satu momen 'bagaimana-jika' terbesar dalam sejarah.

Beberapa jam setelah serangan itu, peluang yang terlewat sangat membebani pikiran Zahn.

Sedemikian rupa sehingga komandan gagal melaporkan kejadian tersebut ke Komando kapal selam hingga sore harinya, setelah akhirnya dia memerintahkan kapal selam untuk muncul ke permukaan.

Keberuntungan jelas berada di pihak Inggris hari itu, seperti yang dilaporkan Zahn tentang insiden sebelumnya, Laksamana Muda Karl Dönitz, 'Komandan Kapal Selam' Jerman bisa saja mengirim U-58 terdekat untuk melanjutkan serangan.

Jerman kemudian mengetahui tentang kehadiran PM Inggris di atas kapal Nelson, membuat Zahn mendapatkan reputasi di antara rekan-rekannya sebagai 'Orang yang hampir membunuh Churchill'.

Baca Juga: 'Laut Mana Pun akan Kami Arungi', Kala Prancis yang Makin Gerah dengan Sikap Tiongkok Kirim Kapal Selam Nuklir ke Laut China Selatan, Demi 'Tegaskan Hukum Internasional'

Kesempatan yang terlewat seumur hidup menyebabkan komandan Jerman jatuh ke dalam depresi berat yang akhirnya membuat Dönitz membebaskannya dari perintah U-56.

Zahn dikirim kembali ke Jerman untuk sementara waktu bekerja sebagai instruktur.

Dalam otobiografinya, 'Memoirs: Ten Years and Twenty Days', Dönitz menggambarkan serangan itu sebagai 'kegagalan yang sangat serius' tetapi menolak untuk mengkritik Zahn, menyatakan komandan telah 'menyampaikan serangannya dengan sangat berani' dan 'sama sekali tidak menyalahkan.

'Komando kapal selam Jerman telah diberi tahu tentang kesalahan teknis dengan torpedo G7e (TII) yang digunakan oleh kapal selam pada saat itu dan Dönitz tahu bahwa peralatanlah yang harus disalahkan dalam hal ini.

Tepat dua tahun kemudian, pada 30 Oktober 1941, Zahn kembali beraksi, mengambil alih komando U-69.

Ini terbukti menjadi tugas berumur pendek dan tidak berhasil untuk Zahn, yang gagal pada kapal Sekutu mana pun, yang membuat Dönitz menduga dalam sebuah laporan bahwa kurangnya keberhasilan sang komandan tidak dapat hanya dikaitkan dengan nasib buruk.

Dönitz menghidupkan kembali Zahn dari komandonya pada pertengahan 1942.

Lebih dari dua tahun kemudian, hari ke-30 dalam sebulan sekali lagi terbukti signifikan bagi Wilhelm Zahn. Kali ini tanggal 30 Januari 1945.

Zahn adalah seorang perwira senior di atas kapal Wilhelm Gustloff, sebuah kapal angkut militer bersenjata yang telah ditugaskan untuk mengevakuasi warga sipil dan personel militer Jerman dari Eropa Timur saat Tentara Merah bergerak maju.

Baca Juga: Harta Karun Perang Dunia I Diselamatkan Dari Bangkai Kapal Inggris yang Tenggelam oleh Kapal Selam Jerman, Isinya Jutaan Dollar Sampanye!

Zahn sangat tidak setuju dengan rute dan kecepatan yang telah direncanakan oleh kapten kapal.

Keberatannya tidak dapat mencegah kapal ditenggelamkan oleh kapal selam Soviet; lebih dari 9.000 jiwa hilang di laut.

Itu adalah kematian terbesar dari satu kapal yang tenggelam dalam sejarah angkatan laut, hampir enam kali lebih mematikan daripada Titanic.

Zahn dan kapten Wilhelm Gustloff selamat dari tenggelamnya kapal tersebut.

Badan penyelidikan resmi angkatan laut dibuka dan Zahn diperintahkan untuk bersaksi di depannya.

Nazi Jerman runtuh sebelum tingkat tanggung jawab Zahn dapat diselesaikan.

Komandan itu hidup sampai usia 66 tahun sebelum meninggal dunia pada November 1976.

Dari 'yang terpenting tidak tenggelam' hingga bencana maritim paling mematikan yang pernah ada, kehidupan Wilhelm Zahn bukanlah apa-apa tapi penting.

Baca Juga: Kim Jong-Un Terkenal Jor-joran Habiskan Uang Negara Buat Rudal, Mari Mengenal Deretan Rudal Korea Utara dari Scud Sampai Taepodong, Rudal Apa yang Paling Mematikan?

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait