Find Us On Social Media :

'Laut Mana Pun akan Kami Arungi', Kala Prancis yang Makin Gerah dengan Sikap Tiongkok Kirim Kapal Selam Nuklir ke Laut China Selatan, Demi 'Tegaskan Hukum Internasional'

By Tatik Ariyani, Sabtu, 13 Februari 2021 | 17:25 WIB

Kapal selam nuklir Prancis

Intisari-Online.com - Banyak negara yang semakin gerah terhadap klaim China di Laut China Selatan, tak terkecuali Prancis.

Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly mengumumkan bahwa sebuah kapal selam serang nuklir kelas Rubis Prancis telah berhasil melewati Laut China Selatan.

Dalam serangkaian tweet, Parly mengatakan Emeraude dan kapal pendukung dan bantuan Seine telah berada di "Misi Marianne" sejak September.

Kapal-kapal tersebut berlayar 15.000 km dari pantai daratan Prancis di Samudra Hindia dan Pasifik.

Baca Juga: Harta Karun Perang Dunia I Diselamatkan Dari Bangkai Kapal Inggris yang Tenggelam oleh Kapal Selam Jerman, Isinya Jutaan Dollar Sampanye!

Mereka baru saja menyelesaikan satu bagian di Laut China Selatan, tulisnya.

Melansir Nikkei Asia (10/2/2021), Parly menyebutnya sebagai "bukti mencolok dari kapasitas Angkatan Laut Prancis kami untuk dikerahkan jauh dan untuk waktu yang lama sehubungan dengan mitra strategis Australia, Amerika, dan Jepang kami."

Misi tersebut bertujuan untuk "memperkaya pengetahuan kami tentang wilayah ini dan untuk menegaskan bahwa hukum internasional adalah satu-satunya aturan yang berlaku, laut mana pun akan kami arungi," kata Parly.

Dia menambahkan bahwa Prancis adalah negara Indo-Pasifik, dengan sekitar 2 juta warga negara di kawasan itu, dan memiliki zona ekonomi eksklusif terbesar kedua di dunia dengan luas 11 juta km persegi, di mana 9 juta di antaranya berada di Indo-Pasifik.

Baca Juga: Setelah Dikepung Inggris dan Jerman, Kini Giliran Prancis Mendadak Kirim Kapal Selam Nuklirnya ke Laut China Selatan, Ternyata China Dicurigai Lakukan Kecurangan Ini