Intisari-Online.com – 'Saya memutuskan bahwa moralitas menjatuhkan bom itu bukanlah urusan saya. Saya diinstruksikan untuk melakukan misi militer untuk menjatuhkan bom. Itu adalah hal yang akan saya lakukan dengan kemampuan terbaik saya.
Moralitas, tidak ada hal seperti itu dalam peperangan. Saya tidak peduli apakah Anda menjatuhkan bom atom, atau bom seberat 100 pon, atau menembakkan senapan. Anda harus melepaskan masalah moral darinya."
Ungkapan di atas adalah ungkapan Paul Tibbets.
Pada dini hari tanggal 6 Agustus 1945, Kolonel Paul Tibbets naik pesawat pembom B-29 Superfortress yang membawa bom atom seberat 10.000 pon yang dijuluki 'Little Boy'.
Tibbets memandu pesawat, dinamai menurut nama ibunya Enola Gay, dari Pulau Tinian di Samudra Pasifik menuju sasaran yang dituju, yaitu kota Hiroshima di Jepang.
Di ketinggian 33.000 kaki, bom itu dilepaskan.
Lebih dari 40 detik kemudian meledak di ketinggian sekitar 2.000 kaki di atas kota dengan energi sekitar 15 kiloton TNT, menandai era peperangan baru dan dahsyat.
'Seluruh langit menyala ketika meledak…. Tidak ada apa-apa selain kekacauan hitam mendidih yang menggantung di atas kota… Anda tidak akan tahu bahwa kota Hiroshima ada di sana,' kenang Tibbets dalam sebuah wawancara tahun 1989.
Antara 70.000-90.000 orang tewas dalam sekejap, sekitar 130.000-200.000 lainnya dikatakan telah tewas di tahun-tahun mendatang akibat dampak bom.
Tiga hari kemudian, pembom B-29 Superfortress menjatuhkan bom atom kedua di atas kota Nagasaki di Jepang, menandai terakhir kali senjata nuklir digunakan dalam konflik bersenjata.
Menjadi pilot Enola Gay membuat Tibbets menjadi terkenal dan memberinya Lintas Layanan Terhormat, tetapi kontribusinya terhadap keberhasilan misi jauh lebih dari sekadar mengemudikan pesawat.
Sejak usia muda, Tibbets sudah tertarik terbang.
Namun, ayahnya punya rencana lain untuknya dan ingin putranya melanjutkan ke kedokteran.
"Dia meyakinkan saya bahwa saya harus menjadi seorang dokter," kenang Tibbets.
“Ada seorang dokter di keluarga Tibbets. Dan ayah memutuskan kita harus melanjutkan tradisi itu. Saya harus benar-benar percaya bahwa saya ingin menjadi dokter dan harus menjadi dokter, tetapi keinginan untuk menerbangkan pesawat menguasai saya.”
Ayahnya kurang tertarik dengan pilihan karir baru putranya, bahkan mengatakan 'mesin sialan itu akan membunuhmu.'
Tidak terpengaruh, Tibbets mendaftar di Korps Udara Angkatan Darat Amerika Serikat sebagai kadet penerbangan.
Pada tahun 1937, ia mengikuti pelatihan penerbangan dasar di Randolph Field Air Force Base di San Antonio, Texas, dan menunjukkan sejak awal bakatnya sebagai pilot.
Dia dengan cepat naik pangkat dan tidak lama kemudian Tibbets menjadi komandan Skuadron Pemboman ke-340 dari Grup Pemboman ke-97.
Dia kemudian memimpin misi pembom berat siang hari Amerika pertama di atas Perancis yang diduduki pada bulan Agustus 1942, menargetkan lapangan kereta api di kota Rouen, Prancis.
Dua bulan kemudian, ia memimpin serangan bom Amerika pertama terhadap lebih dari 100 pembom di Eropa, menargetkan lokasi industri di kota Lille, Prancis.
Meskipun misi tersebut diklasifikasikan berhasil, pemboman yang tidak akurat telah menyebabkan banyak warga sipil tewas.
'Pertama kali saya menjatuhkan bom pada target di sana, saya melihat hal-hal itu jatuh karena kita bisa melakukannya di B-17,' Tibbets berbicara tentang misi pertama itu.
“Kemudian saya melihat kepulan asap hitam dan api dalam beberapa kasus. Saya berkata pada diri saya sendiri, “Orang-orang terbunuh di bawah sana yang tidak ada urusannya terbunuh. Mereka bukan tentara.""
Tibbets dengan cepat membuang pikiran itu setelah teringat pelajaran yang diajarkan teman sekamar dari sekolah kedokteran kepadanya.
“Teman sekelasnya pernah mengatakan, mereka tidak dapat mempraktikkan kedokteran karena mereka memiliki simpati yang terlalu besar kepada pasien mereka.
Mereka mengasumsikan gejala pasien dan itu menghancurkan kemampuan mereka untuk memberikan kebutuhan medis.
Saya pikir, saya akan seperti itu jika saya berpikir tentang orang yang tidak bersalah kesandung tanah. Saya seharusnya menjadi pilot pembom dan menghancurkan target. Saya tidak akan berarti apa-apa jika saya melakukan itu. "
Pada akhir 1942, Tibbets telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu penerbang terbaik di Angkatan Udara AS.
Dia dipilih untuk menerbangkan Mayor Jenderal Mark W. Clark dari Inggris ke Gibraltar dalam persiapan untuk Operasi Torch, invasi Sekutu ke Afrika Utara.
Beberapa minggu kemudian, Tibbets menerbangkan Komandan Tertinggi Sekutu dan calon presiden Amerika Serikat Dwight D. Eisenhower ke lokasi yang sama.
Setelah terbang lebih dari 40 misi tempur, Tibbets terpilih untuk kembali ke AS pada tahun 1943.
Dia diminta untuk membantu pengembangan pesawat pembom terbesar di dunia yang pernah dibuat, pembom B-29 Superfortress, yang pada saat itu memiliki pengalaman masalah teknis.
Tibbets muncul dengan ide untuk meringankan bobot pesawat dengan melepas beberapa baju besi dan senapan mesin beratnya.
Ini berarti bisa terbang di ketinggian yang lebih tinggi dan kemudian menghindari pesawat tempur musuh serta tembakan anti-pesawat.
Pada bulan September 1944, Tibbets diberi pengarahan tentang Proyek Manhattan (penelitian dan pengembangan bom atom) dan misi yang ada di hadapannya.
Setelah ditempatkan bertanggung jawab atas Grup Komposit ke-509, sebuah unit yang ditugaskan untuk penyebaran operasional senjata nuklir, Tibbets bekerja dalam merancang ulang Superfortress secara rahasia untuk membawa muatan 10.000 pon.
Setelah berbulan-bulan pengujian, pada akhir Mei 1945, Grup Komposit ke-509 dikirim ke Pulau Tinian untuk menunggu perintah akhir.
Sementara kita tahu apa yang terjadi selanjutnya, hanya sedikit yang menyadari bahkan sampai hari ini seberapa dekat dunia menyaksikan ledakan nuklir ketiga di wilayah Jepang.
"Setelah dua bom pertama dijatuhkan, yaitu Hiroshima dan Nagasaki, Jepang tidak membuat keputusan yang dianggap cukup cepat dalam pikiran orang-orang di Mariana untuk menyerah," kata Tibbets suatu kali.
"Jadi Jenderal LeMay menanyakan saya pertanyaan," Apakah Anda punya salah satu dari hal-hal itu? "
Saya berkata, "Ya, kami memiliki satu sama lain."
"Dimana itu?" Itu di Wendover, Utah dengan pesawat terbang dan kru di belakang sana.
Dia berkata, "Keluarkan di sini."
Jadi saya mengirim kata-kata yang tepat kembali ke sana melalui pesan teletype, dan mereka memulai pesawat itu dengan bom ketiga.
Apa targetnya? Saya dapat mengatakan bahwa ada berbagai macam dugaan. Semua orang memberi saran.
Jelas, salah satu yang paling penting adalah “Mengapa bukan Tokyo? Mari kita jatuhkan di istana Kaisar. Itu akan membuat mereka terkesan. "
Saya ingat dengan cukup jelas, ada seorang pria di luar sana yang berpikir dengan benar dan itu adalah Jenderal Jimmy Doolittle.
Jimmy Doolittle berkata, "Ya, jika kita melakukan itu, dengan siapa kita akan berdamai?"
Setelah perang, Tibbets tetap di Angkatan Udara sampai pensiun pada tahun 1966 dengan pangkat brigadir jenderal.
Bagi banyak orang, dia adalah pahlawan yang menyelamatkan banyak nyawa dengan mencegah invasi darat ke Jepang terus berlanjut.
Namun, bagi yang lain, dia adalah seorang pembunuh, penjahat perang yang bertanggung jawab atas kematian ribuan warga sipil Jepang.
Mengenai apakah ada penyesalan, Tibbets menyatakan dalam sebuah wawancara tahun 1975 bahwa dia tidur 'nyenyak setiap malam'.
Pada tahun 2007, di usia 92, dia meninggal.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari