Intisari-Online.com - Lupakan politik. Lupakan sejarah. Siapa yang tahu mengapa Soviet menginvasi Jerman Barat pada tahun 1989?
Mungkin itu adalah panen biji-bijian yang buruk di Ukraina. Mungkin mereka takut AS akan menyerang lebih dulu.
Atau, mungkin Soviet hanya memutuskan bahwa satu-satunya cara untuk menunjukkan bahwa mereka bukan negara adidaya yang sedang menurun adalah dengan pergi berperang.
Apa bedanya sekarang?
Armada lapis baja Soviet baru saja melintasi perbatasan Jerman, berlomba menuju Rhine dan kemudian Selat Inggris.
Dan sekarang saatnya untuk mencari tahu untuk apa sebenarnya triliunan dolar dan rubel yang dikorbankan oleh kaum kapitalis dan para pembayar pajak proletariat sebenarnya dibayar.
Flashpoint Campaigns: Red Storm , dari Matrix Games, mencoba menjawab itu.
Flashpoint Campaigns: Red Storm adalah permainan perang komputer taktis 2-D, di mana setiap segi enam di peta mewakili 500 meter, dan unit manuver adalah peleton untuk NATO dan perusahaan untuk Soviet.
Baca Juga: Jamu Penggemuk Badan Ini Patut Anda Coba! Yuk Simak Cara Meraciknya
Skenario ini biasanya mengadu kekuatan Soviet yang lebih besar — mungkin tank atau divisi senapan bermotor — melawan satu atau dua brigade AS, Inggris, atau Jerman yang lebih lemah.
Game ini dapat dimainkan melawan AI atau manusia lain, baik dengan menukar kursi di satu mesin atau memperdagangkan file skenario melalui email.
Setiap permainan perang yang bagus berfokus pada beberapa faktor pembeda dalam peperangan.
Kampanye Flashpoint: Red Storm berfokus pada praktik perintah. Perhatikan bahwa kata tersebut adalah "latihan", bukan "seni", karena esensi permainan bukanlah menyusun rencana yang baik.
Cukup sulit untuk membuat pasukan Anda mengeksekusi yang buruk.
Sebaliknya, bagaimana rencana menjadi kacau? Dan bagaimana pemain bisa mengaturnya?
Banyak game strategi mengabaikan masalah dan masalah komando, karena membuat frustrasi pemain ketika pasukan digital mereka tidak langsung mematuhi perintah.
Namun itu tidak realistis.
Baca Juga: Begini Cara Mudah Keluarkan Duri dari Kulit Bagi yang Masih Kesulitan
Gantikan kurir yang menunggang kuda dengan radio, dan komando serta kendali masih akan mengganggu Kelompok Pasukan Soviet Jerman dan Angkatan Darat Inggris di Rhine, tidak kurang dari itu menimpa Julius Caesar dan Napoleon.
Kampanye Flashpoint: Red Storm mensimulasikan perintah dan kontrol dengan memberikan jatah komoditas yang paling berharga: waktu.
Game ini adalah perwujudan loop OODA (amati, orientasi, putuskan, tindakan) Richard Boyd yang terkenal, di mana kunci kemenangan adalah mencapai putaran yang lebih ketat daripada lawan Anda, dan dengan demikian siklus keputusan yang lebih pendek untuk merespons medan perang yang berubah dengan cepat keadaan.
Baik pemain NATO dan Soviet merencanakan gerakan mereka secara diam-diam, yang kemudian dijalankan secara bersamaan.
Di awal permainan, kedua pemain dapat dengan bebas mengeluarkan perintah seperti gerakan tergesa-gesa, gerakan yang disengaja atau penyerangan.
Tetapi setelah itu, interval waktu tertentu harus berlalu sebelum perintah baru dapat diberikan, dan interval itu lebih pendek untuk NATO.
Dengan demikian, orang Amerika mungkin akan memerintahkan sebuah kompi tank untuk menghentikan serangan Soviet, menyadari bahwa serangan tersebut hanyalah tipuan, dan setelah empat menit waktu permainan telah berlalu, memiliki kesempatan untuk mengarahkan tanknya ke serangan yang sebenarnya.
Untuk Soviet, waktu permainan 24 menit mungkin telah berlalu sebelum mereka dapat mengarahkan tank mereka.
Jadi, meski Soviet memiliki keunggulan dalam hal angka, mereka juga harus merencanakan ke depan dengan lebih hati-hati, dan akan terjebak dengan rencana itu lebih lama bahkan jika keadaan berubah.
Permainan juga memberlakukan penundaan sebelum unit benar-benar menjalankan pesanan, tergantung pada faktor-faktor seperti adanya gangguan radio dan apakah unit sedang diserang.
Namun, situasi perintahnya berubah-ubah.
Jika NATO kehilangan terlalu banyak markas, atau jika terlalu banyak unit tempur mengalami disorganisasi atau berada di luar jangkauan komando markas pengendali mereka, maka NATOlah yang pasukannya berperilaku lamban.
Sentuhan yang rapi adalah bahwa semakin banyak perintah yang dikeluarkan pemain untuk pasukannya, semakin tinggi tingkat lalu lintas radionya, dan semakin besar kemungkinan bahwa intelijen sinyal musuh akan mendeteksi lokasi unitnya, terutama unit markas.
Sebagai insentif tambahan untuk mencegah gelombang udara, artileri dapat diinstruksikan untuk secara otomatis membombardir markas besar musuh yang terdeteksi.
Yang memunculkan aspek menarik lainnya dari game ini, dan itu adalah kabut perang, yang disimulasikan di sini lebih baik daripada kebanyakan game.
Pada dasarnya, dalam Flashpoint Campaigns: Red Storm , pasukan Anda diledakkan dan Anda tidak tahu persis apa yang mereka lakukan.
Garis tipis berwarna berkedip di layar antara tank Anda dan beberapa hutan dalam jarak satu kilometer, dan T-80 Anda meledak.
Apakah itu tank Abrams atau Challenger yang melakukannya, atau helikopter Apache, atau peleton infanteri dengan rudal anti-tank?
Tanpa mengetahui jenis ancamannya, sulit untuk mengalahkannya.
Seringkali satu-satunya cara untuk benar-benar memastikan adalah dengan mengirimkan unit pengintai yang sangat mudah dihabiskan, atau mendekati penyerangan.
Penekanan permainan pada perintah daripada pertempuran mungkin tampak agak kering bagi beberapa orang yang menyukai aksi yang lebih hiruk pikuk.
Sementara pemain mengontrol pergerakan pasukan mereka, pertempuran dilakukan secara otomatis, dengan unit-unit yang tampaknya meledak pada jarak maksimum (membuat penyergapan lebih sulit).
Jadi seperti seorang komandan sejati, pemain hanya dapat menempatkan pasukannya pada posisi yang paling menguntungkan dan berharap yang terbaik.
Namun, tidak ada permainan taktis Perang Dingin yang dapat mengabaikan perangkat keras, dan Flashpoints Campaign: Red Storm memiliki banyak hal.
T-80, misalnya, memiliki peringkat untuk perlindungan lapis baja depan dan sayap, meriam, peluru kendali meriam, senapan mesin, pengukur jarak laser, lapis baja reaktif dan pelepas asap.
Ada berbagai jenis sensor, serangan artileri, dan bahkan senjata nuklir kimia dan taktis.
Peralatan dapat dihancurkan atau dirusak, dan ada aturan suplai dasar yang memberlakukan peluang acak bahwa unit harus mundur ke belakang untuk memasok.
Satu pelajaran yang menembus seperti peluru yang menembus baju besi adalah betapa mematikan persenjataan dan sensor modern.
Pepatah lama "apa yang bisa dilihat bisa dihancurkan" dimanifestasikan dalam game ini, di mana unit apa pun, bahkan di bawah perlindungan moderat, pada akhirnya akan diambil jika dilihat oleh musuh.
Untuk semua armor canggih dari sebuah Abrams, the perlindungan terbaik untuk tangki ada di belakang punggung bukit atau rumah.
(*)
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari