Find Us On Social Media :

5 Cara China Mengubah Pakistan Menjadi Monster Militer Dunia, Apa Saja yang Dipasok oleh Negara Tirai Bambu Ini?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 20 Desember 2020 | 16:35 WIB

5 Cara China Mengubah Pakistan Menjadi Monster Militer

Intisari-Online.com - Karena hubungan Pakistan memburuk dengan Amerika Serikat dalam dua dekade terakhir, angkatan bersenjata Pakistan sebagian besar telah mencari pemasok peralatan China.

Sementara China telah lama memasok angkatan bersenjata Pakistan, hubungannya semakin dalam dalam beberapa tahun terakhir, dengan Pakistan melakukan pembelian besar-besaran atas peralatan ekspor China terbaik.

Dilansir dari National Interest, berikut adalah beberapa senjata terkuat yang pernah dijual atau dilisensikan China ke Pakistan.

1. Program Senjata Nuklir

Baca Juga: Siapa Sangka, Pulau Papua Jadi Titik Penentu Kemenangan Angkatan Laut AS Mengalahkan Kependudukan Jepang di Perang Dunia II, Australia pun Terlibat

Akuisisi senjata nuklir pada 1990-an dianggap sebagai salah satu kegagalan terbesar rezim nonproliferasi nuklir.

Tapi, secara luas dikatakan bahwa China memberikan bantuan yang signifikan untuk program senjata nuklir Pakistan (selain spionase AQ Khan).

China diduga telah menyediakan komponen rudal, desain hulu ledak, dan bahkan uranium yang diperkaya tinggi.

Motif politik di balik ini jelas, Pakistan bertindak sebagai pelapis efektif melawan ambisi regional India yang berkembang.

Baca Juga: 44 Tahun Dikirim ke Bulan, Robot Buatan China Ini Akhirnya Kembali Pulang ke Bumi, Apa yang Berhasil Didapatkannya dari Bulan?