---
Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini
---
Intisari-Online.com - Tokoh pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara berpesan bahwapendidikan harus disesuaikan dengan kodrat alam. Lalu apa yang dimaksud dengan menyesuaikan pendidikan sesuai kodrat alam?
Kodrat alam dalam ranah pendidikan adalah apa-apa yang terkait dengan lingkungan fisik dan sosial budaya di mana seorang anak hidup dan berkembang. Konsep ini merupakan bagian dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang menekankan pentingnya pendidikan yang selaras dengan alam dan lingkungan hidup peserta didik.
Ki Hadjar Dewantara menyampaikan bahwa pendidikan harus memperhatikan kodrat alam, yakni kondisi individu dan lingkungan tempat siswa tumbuh, serta kodrat zaman, yakni perubahan dan perkembangan zaman yang mempengaruhi cara hidup dan belajar anak.
Dia bilang bahwa anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Dia juga menekankan bahwa pendidikan harus menuntun, bukan memaksakan.Menyesuaikan pendidikan dengan kodrat alam artinya menyesuaikan materi dan strategi pendidikan dengan lingkungan sekitar.
Dalam Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar, Rahmawati Ning Utami, Apriyanto Apriyanto, dan Justice Zeni Zari Panggabean menulis, pendidikan adalah sebuah proses pengalaman dan membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi usia. Hal ini karena sejatinya belajar dapat berlangsung seumur hidup, baik melalui pembelajaran formal, nonformal, maupun pengalaman hidup sehari-hari yang memperkaya wawasan dan membentuk kepribadian.
Secara garis besar, menyesuaikan pendidikan sesuai kodrat alam bisa termanifestasikan lewat pendidikan yang mengedepankan proses pendidikan dengan memerhatikan potensi dan karakteristik siswa sesuai dengan lingkungan dan latar belakangnya.
Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan seharusnya disesuaikan dengan kodrat alam, yakni kondisi dan potensi alami individu dan kodrat zaman, yakni perkembangan zaman dan masyarakat di sekitarnya. Konsep ini menekankan bahwa setiap anak memiliki kodrat atau keadaan alamiah yang melekat sejak lahir, baik secara jasmani maupun rohani.
Pendidikan seharusnya tidak memaksakan kehendak dari luar, tetapi justru menggali dan mengembangkan potensi yang sudah dimiliki oleh anak. Itu artinya, guru dan orangtua perlu memahami karakter, minat, serta tahap perkembangan anak secara individual. Dengan demikian, pendidikan tidak hanya menjadi kegiatan mengajar, tetapi juga membimbing dan menuntun agar anak tumbuh secara merdeka dalam lingkungan yang sesuai.
Pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
Itulah artikel tentang apa yangdimaksud dengan menyesuaikan pendidikan sesuai kodrat alam, semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.