Find Us On Social Media :

7 Alasan Mengapa Wanita Memutuskan untuk 'Menghentikan' Menstruasi Mereka

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 14 Oktober 2016 | 18:26 WIB

Kram menstruasi

Intisari-Online.com – Beberapa orang mengatakan sangat menghargai pengalaman menstruasi, dan mengatakan bahwa itu menghubungkan mereka dengan tubuh mereka. Lain lagi, ada beberapa yang merasa senang ketika melewati bulan mereka tanpa menstruasi. Berkat KB hormonal, kini wanita bisa memilih apakah iya atau tidak untuk mendapatkan menstruasi itu, apalagi ahli medis mengatakan tidak ada alasan bahwa melompat-lompati periode itu membahayakan kesehatan atau kesuburan. Beberapa alasan berikut ini  mengapa wanita memutuskan untuk menghentikan menstruasi mereka.

Ia seorang atlet

Seorang pensiunan perenag Olimpiade Denmark, Greta Andersen, jatuh pingsang saat bertanding gaya bebas 400 meter di Olimpiade 1947 Londok, karena ia sedang menstruasi. “Kalender menunjukkan saya akan mengalami menstruasi tepat di Olimpiade, sehingga seseorang memberi saya beberapa injeksi untuk menunda haid,” kenangnya. “Saya pikir saya bisa berenang mungkin 20 kali, tapi saya tidak ingat apa-apa. Saya pingsan. Saya masih tidak tahu injeksi apa yang mereka berikan pada saya, tapi yang jelas itu membuat saya gagal.” Tampaknya masuk akal jika secara fisik, kita ingin fokus pada aktivitas fisik, bukan menstruasi. Untungnya, KB hormonoal telah ada sejak tahun 1947. Meskipun belum sempurna, tapi setidaknya mereka tidak perlu pingsan lagi.

Dilahirkan secara wanita, tapi tidak cocok dengan menstruasi

Seorang transgender mengatakan bahwa ia berhenti menstruasi tiga bulan setelah melewati terapi testosteron lebih dari 10 tahun yang lalu. Bagi pria trans atau orang-orang trans non-biner, menstruasi dapat menyebabkan disforia intens, atau perasaan bahwa tubuh tidak mencerminkan identitas gender kita.

Ketika seorang wanita mengalami aliran darah yang benar-benar berat.

Seorang wanita bercerita ketika ia menggunakan IUD, bahkan ia menggunakan dua tampon dan pembalut semalaman tetapi setiap kali ia mengalami menstruasi tetap saja menodai pakaian, kursi, dan tempat tidur. Ketika ia memutuskan untuk beralih ke metode kontrasepsi lain, aliran darah itu benar-benar berhenti, dan sekarang ia bisa menggunakan waktu untuk membersihkan darahnya dengan menonton video.

Wanita itu memiliki endometriosis

Jika seorang wanita memiliki endometriosis, suatu kondisi di mana jaringan yang biasanya segaris rahim itu tumbuh di luar, maka menstruasi bisa sangat menyakitkan. Ini karena pertumbuhan endometriosis berdarah saat menstruasi sama seperti yang dilakukan lapisan rahim, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan ketika pertumbuhan itu tidak punya tempat.

Tidak perlu memberli produk sanitari, atau setidaknya membeli lebih sedikit

Di banyak negara, produk kebersihan menstruasi seperti tampon dan pembalut tidak dibebaskan dari pajak penjualan negara. Bahkan di beberapa negara ada yang dikenakan pajak tampon, sehingga penjualan produk ini cukup selama dua sampai tujuh hari saja dalam sebulan. Dan untuk wanita berpenghasilan rendah, ini sesuatu yang tidak mungkin.

PMS menyebalkan