Find Us On Social Media :

Bak Ketakutan Seperti Anak Kecil, Zelensky Ternyata Memang Jadi Target Pembunuhan, Putin Kirimkan Tentara Khususnya yang Sudah Berpengalaman di Suriah, Libya, dan Tempat Ini

By May N, Sabtu, 19 Maret 2022 | 15:00 WIB

Kelompok pembunuh Wagner yang berupaya membunuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Intisari - Online.com - Angkatan Bersenjata Ukraina menunjukkan menjadi musuh lebih kuat daripada yang diperkirakan Kremlin.

Setelah tiga minggu dari apa yang telah disebut Presiden Vladimir Putin sebagai sebuah "operasi militer khusus", Rusia belum mencapai tujuan politik atau militernya.

Saat Barat mendorong pengiriman senjata ke Tentara Ukraina dan pasukan pertahanan lokal berlatih melawan, Moskow akan menyadari fakta bahwa serangan ini dapat menjadi sebuah perang yang panjang.

Hal ini akan meningkatkan prospek bahwa Rusia akan mengirimkan senjata perang contohnya Wagner Group untuk berperang dan memperparah konflik.

Kelompok Wagner, dikenal juga sebagai PMC Wagner, ChVK Wagner atau CHVK Vagner adalah organisasi paramiliter Rusia yang secara beragam digambarkan sebagai sebuah perusahaan militer pribadi, sebuah jaringan tentara bayaran, atau secara de fakto militer pribadi untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Melansir Asia Times, laporan mengindikasikan Kelompok Wagner dilatih di Kementerian Pertahanan Rusia dan secara luas dianggap sebagai unit pemanjangan tangan badan intelijen militer GRU dari Rusia, mirip dengan CIA dari AS.

Kelompok Wagner diyakini secara luas dipakai oleh pemerintah Rusia untuk memungkinkan penyangkalan masuk akal atas keterlibatan mereka dalam beberapa konflik global.

Beberapa telah menyebut Kelompok Wagner mirip dengan firma keamanan swasta AS, Blackwater, yang aktif di Irak, dan didirikan oleh mantan Angkatan Laut AS, Erik Prince.

Baca Juga: Adakan Pembicaraan Telepon di Tengah Perang Rusia-Ukraina, Inilah 5 Alasan Mengapa Pembicaraan Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping Bisa Bermanfaat Hentikan Perang

Baca Juga: Tuduh AS Kembangkan Program Biologis Militer di Ukraina, Rusia Mantap Bawa Klaim Tersebut pada Pertemuan PBB

Kelompok Wagner paling dikenal dalam perannya dalam perang di Donbas, di mana mereka telah berperang bersandingan dengan pasukan separatis dari Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk yang memerdekakan diri dan kini sudah diakui secara resmi oleh Moskow.

Tentara bayaran Kelompok Wagner juga berperang di konflik seluruh dunia termasuk pada perang sipil di Libya, Suriah, Republik Afrika Tengah (CAR), dan Mali.