Find Us On Social Media :

‘Kami Terlahir Sebagai Muslim, dan Akan Mati Sebagai Muslim’, Kisah Ratu Soraya Tarzi, Keluarganya Diusir dari Afghanistan dan Tinggal di Pengasingan, Kembali ke Negaranya Perjuangkan Hak Perempuan

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 5 Maret 2022 | 15:55 WIB

Ratu Soraya Tarzi, keluarganya diusir dari Afghanistan dan tinggal di pengasingan, kembali perjuangkan hak-hak perempuan.

Intisari-Online.com – Calon  Ratu Afghanistan Soraya lahir dengan nama Soraya Tarzi pada tanggal 24 November 1899, adalah putri dari Mahmud Tarzi dan Asma Rasmiya Khanum.

Keluarganya tinggal di pengasingan pada saat itu, keluarga Tarzi diusir dari Afghanistan setelah Emir Abdur  Rahman Khan berkuasa pada tahun 1881.

Ratu masa depan ini lahir di Damaskus, Suriah, yang saat itu merupakan bagian dari Kekaisaran Ottoman.

Ayah Soraya adalah seorang intelektual terkenal, dan Soraya pun diperkenalkannya pada ide-ide Barat tentang pendidikan dan budaya.

Pada akhirnya nanti Soraya akan membawa ide-ide ini kembali ke Afghanistan yang lebih konservatif ketiga keluarganya diundang untuk kembali oleh Habibullah Khan yang menggantikan ayahnya sebagai Emir pada tahun 1901.

Soraya akhirnya bertemu putra ketiga sang Emir, Amanullah, yang 7 tahun lebih tua darinya, dan mereka menikah sekitar musim panas 1913.

Namun, Amanullah  telah menikah dua kali sebelumnya.

Pernikahan pertama terjadi pada usia 16 tahun dengan seorang gadis yang namanya tidak perlu diketahui, namun hanya berlangsung beberapa hari dan berakhir dengan perceraian.

Baca Juga: Beginilah Kehidupan di Dalam ‘Harem’ Kerajaan Mesir Kuno, Tempat Tinggal Ibu Suri, Ratu, dan Anak-anak, yang Bersaing dengan para Istri Sekunder Firaun

 Baca Juga: 'Saya Lari dari Satu Perang Tapi Malah Terjebak dalam Perang Lain', Cerita Pengungsi Afghanistan yang Terjebak di Ukraina, Jauh-jauh Hindari Taliban Malah Dibombardir Bom Oleh Rusia

Pada usia 18 tahun, Amanullah menikah dengan Shahzada Khanum, yang meninggal saat melahirkan putra tunggal mereka, Hidayatullah.

Keduanya pun diatur dalam pernikahan.