Find Us On Social Media :

Dalam Dirinya Mengalir Darah Mongolia, Inilah Permaisuri Xiao Zhuang, Lahir dengan Misi Rahasia untuk Jadikan Putranya Seorang Kaisar, Dia Berhasil Bangun Citra Kerajaan China yang Positif

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 22 Februari 2022 | 09:35 WIB

(ilustrasi) Penggambaran legenda permaisuri Xiao Zhuang.

Intisari-Online.com Xiao Zhuang (1613-1688) merupakan permaisuri Kaisar Huang Taiji dan dikenal karena kebijaksanaan dan kemampuan politiknya.

Dia juga dikenal sebagai wanita yang dihormati secara luas dalam sejarah China.

Xiao Zhuang lahir di padang rumput Mongolia, dan setiap wanita Horqin yang lahir di keluarga bangsawan memiliki satu misi rahasia.

Terlibat dalam pernikahan politik dan melahirkna seorang putra serta menjadikannya kaisar di masa depan keturunan suku Horqin.

Jadi saat Huang Taiji masih menjadi penguasa Dinasti Qing, maka pekerjaan utama Xiao Zhuang adalah melahirkan seorang putra.

Setelah Huang Taiji meninggal, kebijaksanaan dan bakat politik Xiao Zhuang pun berangsur-angsur terungkap.

Meskipun Fu Lin bukan putra tertua Huang Taiji (hanya putra tertua selir sah), Xiao Zhuang tetap menjadikannya pemenang di antara calon pangeran lainnya.

Dia menarik Jierhalang, seorang gubernur terhormat yang dididik Huang Taiji, ke sisinya dan akhirnya memenangkan kompetisi.

Baca Juga: Kejam Terhadap Musuhnya Namun Miliki Cinta untuk Rakyatnya, Inilah Lu Zhi dari Dinasti Han, Permaisuri Pertama yang Memerintah China, Tinggalkan Rivalnya di Kandang Babi Setelah Dimutilasi

 Baca Juga: Jebakan Cantiknya Penyanyi dan Penari Hebat Ini Akhiri Kediktatoran Brutal Panglima Perang yang Kuasai Ibukota, Inilah Kisah Diao Chan, Salah Satu Wanita dari Legenda Empat Kecantikan Tiongkok Kuno

Dengan menikahi Dorgon (saudara laki-laki Hong Taiji) setelah kematian suaminya, maka dia mengkonsolidasikan Dorgon dan menjaga putranya Shunzhi sebagai kaisar muda.

Xiao Zhuang mengatur dirinya dari seorang selir raja menjadi wanita yang paling berkuasa dan terhormat di dinasti Qing.