Find Us On Social Media :

Berusia 2.200 Tahun, Mumi ‘Cantik’ Xin Zhui dari China Kuno Ini Berbeda dari Milik Mesir, Tubuhnya Tetap Terawat Seperti Baru Saja Meninggal, Ini Rahasianya Pengawetannya!

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 28 Agustus 2021 | 08:05 WIB

Mumi Xin Zhui ditemukan dalam keadaan terawat 'cantik'

Intisari-Online.com – Ketika membicarakan tentang mumi, maka yang Anda bayangkan pastinya mumi di Mesir, yang biasanya diawetkan di dalam piramida.

Pada tahun 1971, di perbukitan Mawangdui, dekat kota Changsha di China, ditemukan sebuah makam kuno berusia 2.200 tahun.

Makam tersebut miliki pasangan bangsawan dari Dinasti Han, Li Cheng dan Xin Zhui.

Di dalam makam tersebut juga diisi dengan sejumlah patung emas dan perak, perhiasan, serta pakaian sutra halus.

Baca Juga: Pantang Mundur Meski Sudah Diusir Berkali-kali, Fotografer Ini Akhirnya Berhasil Ungkap Proses Mumifikasi di Bumi Papua, Caranya Bikin Shock, Beda dengan Mesir!

Tidak hanya itu, di antara temuan itu, termasuk penemuan mayat Xin Zhui yang diawetkan menjadi mumi yang paling menarik perhatian.

Walaupun mumi tersebut berumur ribuan tahun lalu, tubuhnya masih terawat ‘cantik’, seperti baru saja meninggal.

Dikenal juga sebagai Lady Dai, karena suami Xin Zhui, Li Cheng, adalah seorang penguasa di wilayah Dai yang sekarang bernama Changsha, selama Dinasti Han.

Melansir All Thats Interesting, mayat Lady Dai berubah mulai memburuk segera setelah oksigen menyentuh tubuhnya.

Baca Juga: Dimumikan Bersama Janinnya, Inilah 'Wanita Misterius', Mumi Hamil yang Pertama Ditemukan di Dunia, Awalnya Dikira Pria