Find Us On Social Media :

Dimumikan Bersama Janinnya, Inilah 'Wanita Misterius', Mumi Hamil yang Pertama Ditemukan di Dunia, Awalnya Dikira Pria

By Tatik Ariyani, Minggu, 2 Mei 2021 | 03:00 WIB

Temuan mumi hamil

Intisari-Online.com - Ketika sedang melakukan rontgen dan tes komputer pada satu mumi, para peneliti Polandia menemukan bahwa mumi yang mereka periksa ternyata merupakan seorang wanita yang sedang hamil tujuh bulan.

Mumi wanita tersebut pun tercatat sebagai kasus mumi hamil yang pertama kali ditemukan di dunia dan masih terawetkan dengan baik.

Identifikasi pertama yang dilakukan pada tahun 1826 berdasarkan tulisan di sarkofagusnya menyebut bahwa mumi tersebut merupakan seorang pendeta pria, seperti mengutip Phys, Jumat (30/4/2021).

Setelah itu, tak ada pemeriksaan lebih lanjut, hingga studi terbaru yang dilakukan para peneliti Polandia berhasil mengungkap identitas sebenarnya mumi tersebut.

Baca Juga: Bukan Emas Kuno Apa Barang Antik, Pria Ini Tertangkap Menjual Mumi Kuno dari Mayat Ratu Persia Seharga Rp159 Miliar, Setelah Tertangkap Fakta Mengejutkan Malah Terbongkar

"Kejutan pertama kami adalah mumi ternyata tak memiliki organ intim pria melainkan payudara dan rambut panjang. Kemudian kami juga menemukan kalau mumi itu sedang hamil. Kami melihat kaki kecil dan kemudian tangan kecil dari janin, kami sangat terkejut," kata Marzena Ozarek-Szilke, antropolog dan arkeolog yang terlibat dalam studi ini.

Mumi wanita itu diperkirakan berusia antara 20 hingga 30 tahun.

Peneliti juga memprediksi jika janin saat itu kurang lebih berumur 26 hingga 28 minggu yang diperkirakan dari ukuran tengkorak bayi.

Wojciech Ejsmond dari Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia kepada Associated Press memaparkan, "Ini adalah temuan kami paling penting dan signifikan sejauh ini. Temuan juga membuka kemungkinan mempelajari mengenai kehamilan dan pengobatan komplikasi di zaman kuno."

Baca Juga: Bukan Emas Kuno Apa Barang Antik, Pria Ini Tertangkap Menjual Mumi Kuno dari Mayat Ratu Persia Seharga Rp159 Miliar, Setelah Tertangkap Fakta Mengejutkan Malah Terbongkar