Find Us On Social Media :

Pantang Mundur Meski Sudah Diusir Berkali-kali, Fotografer Ini Akhirnya Berhasil Ungkap Proses Mumifikasi di Bumi Papua, Caranya Bikin Shock, Beda dengan Mesir!

By Ade S, Minggu, 13 Juni 2021 | 17:40 WIB

Proses mumifikasi di Suku Anga Papua Nugini

Intisari-Online.com - Hingga beberapa dekade, bahkan ada yang menyebutnya berabad-abad, keberadaan mumi di Papua Nugini terus menjadi misteri.

Khususnya dalam hal mumifikasi atau proses pembuatan mumi di negara tetangga Indonesia tersebut.

Untuk itulah, ketika mengetahui salah satu suku yang melakukan praktik tersebut, seorang fotografer asal Jerman berusaha mati-matian untuk mendokumentasikannya.

Ya, mati-matian. Sebab, Ulla Lohmann, nama fotografer tersebut, tidak serta merta berhasil mendapat izin dari Suku Anga.

Baca Juga: Inilah Rumah Adat Suku Korowai, Baru Ditemukan 30 Tahun yang Lalu dan Diami Rumah Pohon di Bumi Papua, Ini Alasan Mereka Masih Tinggal di Rumah Pohon

Berulang kali mencoba mendekati, berulang kali juga sang fotografer ditolak oleh Suku Anga.

Bahkan, dalam beberapa kesempatan, Ulla Lohmann harus mendapati dirinya diusir oleh Suku Anga saat ingin mendekati suku tersebut.

Pengusiran itu sendiri sebenarnya terjadi bukan karena keinginan Ulla Lohmann mendokumentasikan proses pembuatan mumi.

Suku yang terkenal sebagai salah satu suku yang memumikan anggotanya yang meninggal tersebut memang tak suka jika orang asing melihat budaya mereka.

Baca Juga: 1.000 Pemimpin Suku Papua Setujui Referendum 1969 yang Dianggap sebagai Kebohongan, Ada Peran Letjen Ali Moertopo?