Find Us On Social Media :

Kejam Terhadap Musuhnya Namun Miliki Cinta untuk Rakyatnya, Inilah Lu Zhi dari Dinasti Han, Permaisuri Pertama yang Memerintah China, Tinggalkan Rivalnya di Kandang Babi Setelah Dimutilasi

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 18 Februari 2022 | 09:50 WIB

Permaisuri Lu Zhi, memerintah China kuno pertama.

Intisari-Online.com Lu Zhi tidak pernah memproklamirkan dirinya sebagai Permaisuri, namun banyak sejarawan yang mengenalinya sebagai Permaisuri China yang pertama memerintah.

Dia merupakan permaisuri Gaozu, pendiri dinasti Han.

Ketika Kaisar Gaozu meninggal, dia menjadi Bupati Permaisuri untuk putranya, Kaisar Hui, namun karena putranya lemah, maka Lu Zhi memerintah China menggantikan putranya.

Pada dasarnya dia memegang status sebagai kaisar dalam segala hal kecuali nama, maka dia diakui sebagai Permaisuri Tiongkok yang pertama.

Lu Zhi lahir di Kabupaten Shanfu selama Dinasti Qin, ayahnya, Lu Gong, kemudian memindahkan keluarganya ke daerah Pei untuk melarikan diri dari musuh pribadinya.

Lu Gong dibawa bersama Liu Bang, seorang pejabat rendahan yang kemudian menjadi Kaisar Gaozu.

Lu Gong kemudian memutuskan untuk menawarkan putrinya, Lu Zhi, kepada Kaisar Gaozu untuk menjadikan istrinya.

Liu Bang, yang berstatus rakyat jelata, dengan penuh semangat memutuskan untuk menikahi Lu Zhi karena dia adalah seorang bangsawan.

Baca Juga: Teknik Kung Fu Ciptaannya Digunakan Bintang Film Kung Fu Bruce Lee, Inilah Kisah Prajurit Wanita Legendaris China, Ng Mui Si Tei, Salah Satu yang Selamat dari Hancurnya Kuil Shaolin Dinasti Qing

 Baca Juga: Tewaskan Seperlima Jumlah Penduduk Selama Empat Tahun, Inilah Kekejaman Rezim Pol Pot, Pemimpin Komunis Khmer Merah Kamboja yang Dalam Operasi Gerilya Terima Dukungan Senjata dari China

Liu Bang mengatur pemberontakan melawan dinasti Qin dan merebut ibu kota.

Namun, Liu Bang memiliki saingan lain yang mengejar takhta, Xiang Yu, seorang jenderal aristokrat yang memiliki kekuatan besar.