Penulis
Intisari - Online.com -Perang Rusia-Ukraina tengah diawasi oleh seluruh dunia saat ini.
Kekhawatiran media dan berbagai lembaga penelitian intelijen semua negara adalah kemungkinan terjadi perang dunia ketiga dari konflik Ukraina.
Peneliti senior di Center for Security Policy dan Editor Asia Times, Stephen Bryen, memaparkan konflik ini jika ditangani dengan salah oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden danNATO maka akan terjadi perang nuklir.
Melansir artikelnya di Asia Times Jumat 25/2/2022, melampaui seluruh retorika dan sanksi-sanksi, Washington menurutnya harus memiliki pemikiran yang jelas.
Memang tidak harus terburu-buru tapi perlu untuk keamanan masa depan dunia.
Menurut Bryen, AS harus tetap membuat Rusia tenang dan menghindari perang yang akan menyebar secara cepat jika tidak ditahan.
Kemungkinan terburuk adalah jika Rusia akan menggunakan senjata-senjata nuklir.
Rusia dipenuhi dengan senjata-senjata strategis dan senjata nuklir taktis, dan operasi militer terus-terusan meningkatkan penggunaan, baik secara bertahap maupun dalam satu waktu.
Tidak ada yang bisa tahu secara pasti.
Bryen mengatakan AS dan mitra NATO telah secara arogan mendorong Ukraina untuk menjadi anggota NATO, mengatakan lewat Deklarasi Bucharest April 2008 lalu jika mereka berniat memasukkan Georgia dan Ukraina ke sistem NATO.
NATO disiapkan sebagai persekutuan pertahanan melawan ancaman Soviet.
Ketika Uni Soviet runtuh dan Pakta Warsawa hadir untuk gencatan senjata, NATO, yang seharusnya tidak dilanjutkan, akan muncul lagi sebagai penjamin negara-negara yang baru merdeka di Timur Eropa, dari Baltik sampai ke Romania dan selebihnya.
Secara logisnya, memasukkan Georgia dan Ukraina akan masuk akal, kecuali ada perang di Georgia dan Rusia datang mengakhiri kemerdekaan Georgia.
Rusia menduduki Georgia untuk mengambil dua provinsi dari Georgia, yaitu Ossetia Selatan dan Abkhazia.
Perang itu dipicu oleh dorongan NATO ke selatan dan barat dan Rusia memutuskan perlunya buffer atau penyeimbang melawan Natoisasi.
Namun, perang di Georgia bisa jadi lebih buruk, seperti dipaparkan Bryen.
Alih-alih memikirkan ulang antusiasme NATO untuk ekspansi, NATO melanjutkan, kini dengan Ukraina, berlatih dan membangu pasukan Ukraina dengan dorongan Washington.
Washington dan Eropa telah memainkan peran penting mendorong Ukraina ke Barat dan membangun narasi melawan Rusia.
Hal ini telah memperburuk situasi dan kondisi yang mana keseimbangan kekuatan geopolitik secara negatif berubah, melawan kepentingan keamanan nasional Rusia.
Rusia mengambil alih Krimea tahun 2014 dan pelabuhan penting Sevastopol menuju Black Sea.
Rusia juga mendorong wilayah Donbas yang diisi warga Rusia untuk pisah dari Ukraina dan memerdekakan diri menjadi Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk.
Gerakan-gerakan ini menurut Bryen termasuk dalam reaksi-reaksi pertama aktivitas ekspansi NATO, satu-satunya hal mengejutkan adalah perlu 6 tahun bagi Rusia untuk menyerang dan melakukan ini sejak Deklarasi Bucharest.
Namun hal itu tidak menghentikan Natoisasi, seperti disampaikan Bryen.
Bahkan alih-alih mengubur Natoisasi, serangan Rusia justru memperkuat Natoisasi di Ukraina, dengan dukungan penuh Washington, yang menolak menerima tuntutan Rusia agar NATO jauh-jauh dari Ukraina.
Dari sudut pandang Rusia, mereka mengantisipasi baik pangkalan NATO dan senjata nuklir di perbatasannya dan temukan bahwa kondisi ini mengancam dan tidak bisa diterima.
Persekutuan pertahanan disebut Bryen seharusnya menyediakan pertahanan bagi anggotanya dengan masuk ke dalam kesepakatan keamanan kolektif.
NATO melakukannya dengan Article 5 dari perjanjian NATO.
Namun dengan ekspansi NATO, NATO melebar dengan sangat buruk seperti disebut oleh Bryen.
Tidak diragukan hal ini dipahami oleh warga Rusia, yang berpikir bahwa NATO, artinya Amerika, berencana mengkompensasi pasukan darat konvensional dan kekuatan udara taktis dengan menempatkan senjata nuklir di perbatasan Rusia.
Rusia mengatakan keputusan AS untuk secara sepihak membatalkan kesepakatan INF dan memasang peluncur MK-41 di Polandia dan Romania memberikan ancaman langsung ke keamanan Rusia.
Kesepakatan INF adalah kesepakatan antara AS dan Uni Soviet mengenai eliminasi rudal jarak menengah dan jarak pendek.
Rusia berargumen bahwa AS dapat meluncurkan rudal jelajah nuklir Tomahawk dari peluncur MK-41.
Tomahawk awalnya dirancang dengan sebuah hulu ledak nuklir, seharusnya terbang sangat rendah mengikuti kontur lahan sehingga dapat menghindari sistem radar Soviet, dan menyerang pasukan Rusia dengan ketepatan tinggi.
Hulu ledak Tomahawk yang dirancang sebagai W-80 seharusnya pensiun antara tahun 2010 dan 2013.
Tahun 2018 ada cerita jika Angkatan Laut AS akan membangun kembali Tomahawk dengan hulu ledak nuklir, tapi tampaknya hal itu tidak terjadi.
Namun hal tersebut tidak begitu penting, karena Rusia tidak percaya AS melakukan lebih dari menaruh hulu ledak W-80 dalam tumpukan nuklir mereka, menyimpannya untuk dipakai di masa depan.
Sementara itu di tahun 2018 ada laporan bahwa Rusia mendapat isi Tomahawk yang gagal meledak di Suriah.
Bryen menyebut tentu saja Rusia melihat ini sebagai ancaman lain bahwa AS ingin membatalkan kesepakatan INF untuk memasang Tomahawk.
Sebagai catatan, cadangan senjata nuklir AS yang bertahan lama terdiri dari 5.886 hulu ledak strategis dan 1.120 senjata taktis. Senjata strategis pada hitungan terakhir termasuk 1.490 hulu ledak ICBM; 2.736 hulu ledak rudal balistik yang diluncurkan kapal selam; 1.660 senjata pengebom seperti bom gravitasi B61 dan B83 strategis, AGM-86 ALCM dan beberapa ratus hulu ledak cadangan.
Senjata taktis terdiri dari 800 bom gravitasi taktis B61 dan 320 hulu ledak nuklir untuk rudal Tomahawk.
Apa artinya ini di pihak Rusia adalah bahwa jika ada perang di Eropa Timur, itu akan mencakup senjata nuklir karena Rusia tidak dapat mengambil risiko didahului oleh NATO.
Baik Washington maupun NATO tampaknya tidak memahami beratnya tantangan dalam mengejek Rusia dengan menempatkan NATO di Ukraina, papar Bryen.
Satu-satunya cara untuk mencegah perang menyebar di luar Ukraina adalah NATO, yang dipimpin oleh Amerika Serikat, menemukan cara untuk mengakomodasi Rusia.
Ini akan jauh lebih mudah sebelum pasukan Rusia menabrak Ukraina, tetapi sangat mendesak untuk mencoba dan melakukannya.
Akomodasi tidak sama dengan peredaan. Washington dan NATO tidak harus menyerahkan keamanan atau wilayah Eropa; mereka harus membantu menjamin keamanan Rusia.
Itu berarti menarik kembali senjata nuklir dan rudal, menghentikan ekspansi sembunyi-sembunyi NATO, dan menyusun aturan perilaku bersama untuk memastikan stabilitas di masa depan.