Find Us On Social Media :

Saat Ini Sedang Diserang Rusia, di Ukraina Pernah Ditemukan Tulang Unik Dihiasi dengan Tanda Hitam pada Makam Berusia 4.500 Tahun, Apa Maksud Tanda Hitam Itu?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 25 Februari 2022 | 08:05 WIB

Tulang unik yang ditemukan di pekuburan Ukraina berumur 4.500 tahun lalu.

Intisari-Online.com – Ketika para arkeolog membuka sebuah makam kuno, maka mereka tidak akan pernah benar-benar tahu apa yang akan mereka temukan di dalamnya.

Karena kebiasaan pemakaman zaman kuno alias nenek moyang kita, sering kali membingungkan dan unik.

Sekitar tahun 2018 para ilmuwan meneliti sebuah makam berusia 4.500 tahun di kawasan Dniester, Ukraina.

Ini merupakan sebuah tempat peristirahatan terakhir seorang wanita muda berusia 25-30 tahun.

Yang tidak biasa dari penemuan ini adalah tulang-tulangnya ditutupi dengan dekorasi unik termasuk garis sejajar.

Apa maksud dari tanda hitam buatan manusia ini?

"Saat menggambar dan memotret pemakaman, perhatian kami tertuju pada pola-pola teratur, seperti garis paralel yang terlihat pada kedua tulang siku," kata arkeolog Danuta Zurkiewicz dari Institut Arkeologi, Universitas Adam Mickiewicz di Pozna kepada Science di Polandia.

Para ahli dari Fakultas Kimia Universitas Adam Mickiewicz dan Departemen Kedokteran Forensik, Universitas Ilmu Kedokteran Pozna telah menganalisis zat hitam dan mengatakan itu mirip dengan tar kayu.

Baca Juga: Terkubur Selama 900 Tahun, Mumi dari Siberia yang Ditemukan ini Masih Memiliki Bulu Mata, Namun Kulitnya Berwarna Hijau, Mengapa Bisa Demikian, para Ilmuwan Berharap dapat Merekonstruksi Wajahnya

 Baca Juga: Terbesar di Mesir! Inilah Alat dan Bahan Pembalseman Mumi Mesir Kuno Ditemukan dalam Keadaan Utuh, Diperkirakan Milik Pejabat Tinggi

"Mengejutkan bahwa prosedur menghias tulang harus dilakukan setelah kematian dan proses pembusukan tubuh. Ini jelas ditunjukkan oleh lokasi dekorasi di permukaan tulang dan cara pewarna diterapkan," kata Zurkiewicz.

Menurutnya, temuan baru-baru ini membuktikan betapa rumitnya ritual pemakaman ribuan tahun lalu.