Find Us On Social Media :

Terkubur Selama 900 Tahun, Mumi dari Siberia yang Ditemukan ini Masih Memiliki Bulu Mata, Namun Kulitnya Berwarna Hijau, Mengapa Bisa Demikian, para Ilmuwan Berharap dapat Merekonstruksi Wajahnya

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 23 Februari 2022 | 12:25 WIB

Ilmuwan meneliti mumi Siberia.

Intisari-Online.comMumi seorang wanita ditemukan di pekuburan Zeleny Yar setelah 900 terkubur dalam lapisan es.

Wanita ini merupakan anggota dari peradaban berburu dan memancing, yang tidak dikenal yang tinggal di daerah tersebut selama abad ke-12.

Diperkirakan wanita itu berusia 35 tahun ketika dia meninggal.

Embun beku telah mempertahankan fitur halusnya, termasuk rambut yang utuh, satu set gigi yang awet secara mengesankan, dan bulu mata yang sangat panjang.

Tidak hanya itu, para arkeolog juga menemukan cincin kuil perunggu yang terkubur bersama wanita itu di dekat tengkoraknya.

Wanita itu dibungkus bagai kepompong dengan kulit binatang dan kulit kayu birch, dan dikuburkan di kuburan dengan kakinya mengarah ke Sungai Gorny Poluy di dekatnya.

Para arkeolog sedang melakukan penggalian situs arkeologi Zeleny Yar musim panas ketika mereka menemukannya terkubur di antara beberapa kuburan lainnya.

Mumi ini merupakan mumi wanita dewasa pertama yang ditemukan di situs kuno tersebut.

Baca Juga: Mumi ‘Putri Duyung’ Aneh nan Misterius yang Ditemukan di Sebuah Kuil di Jepang Akan Diselidiki, Selama Ratusan Tahun Dipuja dengan Harapan Berikan Keberuntungan, Kebahagiaan, dan Kesehatan

 Baca Juga: Terbesar di Mesir! Inilah Alat dan Bahan Pembalseman Mumi Mesir Kuno Ditemukan dalam Keadaan Utuh, Diperkirakan Milik Pejabat Tinggi

Menurut Alexander Gusev dari Pusat Penelitian Arktik Rusia, ada beberapa tulang yang terawetkan dengan buruk, yang tidak memungkinkan mereka untuk menentukan jenis kelaminnya, tetapi para arkeolog dengan jelas melihat dari wajahnya bahwa dia adalah seorang wanita.

Dia mengatakan ini ‘secara radikal mengubah’ ide mereka tentang nekopolis khusus ini.