Find Us On Social Media :

Terbesar di Mesir! Inilah Alat dan Bahan Pembalseman Mumi Mesir Kuno Ditemukan dalam Keadaan Utuh, Diperkirakan Milik Pejabat Tinggi

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 22 Februari 2022 | 08:00 WIB

Alat dan pembalseman mumi Mesir Kuno terbesar yang pernah ditemukan.

Intisari-Online.com – Institut Mesir Kuno Ceko selama lebih dari tiga dekade telah melakukan penggalian di pekuburan Abusir.

Pekuburan ini merupakan sebuah situs yang letaknya beberapa kilometer di utara Saqqara, di daerah yang berisi sekelompok makam poros besar yang berasal dari akhir  dinasti ke-26 (664-525 SM) dan awal dinasti ke-27 (525-404 SM).

Kemudian tim arkeolog itu yang dipimpin oleh Miroslav Barta membuat penemuan penting di situs tersebut, yaitu deposit bahan pembalseman praktis yang utuh.

‘Cache’ yang ditemukan ini berisi total 370 guci keramik besar dan sejumlah wadah yang lebih kecil.

Dan menurut para ahli, kemungkinan ini merupakan temuan terbesar dari jenisnya di Mesir.

Menurut Bárta, “Makam poros Abusir, dibangun dengan cara yang mirip dengan pemakaman terkenal Firaun Djoser di bawah piramida berundaknya, memainkan peran penting sebagai bentuk ekspresi budaya elit Mesir di era akhir itu.”

Semua wadah tersebut berisi sisa-sisa berbagai bahan dan peralatan yang digunakan selama proses mumifikasi.

Dan itu terletak di dalam lubang besar berukuran 5,3 x 5,3 meter dan kedalaman lebih dari 14 meter yang terletak di sebelah struktur pemakaman besar yang masih belum digali.

Baca Juga: Hetepheres I, Ibu Firaun Khufu, Sarkofagusnya Ditemukan Terbuat dari Pualam dan Masih Tersegel Utuh, Namun Keberadaan Muminya Jadi Misteri Hingga Diragukan Keibuannya

 Baca Juga: Ditemukan di Kairo Mesir, Sebuah Mumi dengan Enam Guci Kanopi, Berarti Dua lebih Banyak dari Biasanya yang Berisi Jeroan Tubuh Mumi Tersebut, Lalu Apa Isi Dua Guci Lainnya?

Wadah ditempatkan dalam total 14 kelompok, yang terletak pada kedalaman yang berbeda, mulai dari 4 sampai 12 meter, dan melekat pada sisi lubang dalam pola spiral.

Jumlah kontainer yang membentuk masing-masing kelompok ini bervariasi dari 7 hingga 52.