Find Us On Social Media :

Termasuk Air Kencing untuk Obat Kumur, Beginilah Cara Orang Romawi Kuno Memanfaatkan Air Kencing untuk Kebutuhan Sehari-hari

By Tatik Ariyani, Senin, 21 Februari 2022 | 18:25 WIB

Ilustrasi orang Romawi Kuno merawat gigi

Intisari-Online.com - Orang zaman dulu merawat gigi mereka dengan metode yang ada pada saat itu.

Salah satu metode yang digunakan dirasa cukup menjijikkan untuk diterapkan saat ini, yakni menggunakan air kencing untuk obat kumur.

Melansir The Vintage News, metode ini digunakan oleh orang Romawi kuno untuk membuat gigi mereka putih dan bersih.

Ada bukti tertulis yang menunjukkan bahwa orang-orang Romawi di seluruh kekaisaran menggunakan air kencing hewan dan manusia sebagai obat kumur.

Bahan aktif dalam urin adalah amonia yang disekresikan dari tubuh dalam bentuk urea.

Saat ini, amonia digunakan untuk pembersih, dari pembersih perabot rumah tangga hingga dijadikan pupuk cair.

Amonia tidak hanya digunakan untuk membersihkan noda membandel dari oven dan bak mandi, tetapi juga akan membuat kristal berkilauan.

Selain digunakan untuk kebersihan gigi, orang Romawi juga menggunakan air kencing untuk hal lain, sehingga tak heran jika mereka memiliki banyak persediaan air kencing.

Baca Juga: Sampai Disebut Pengkhianatan dengan 'Plot Twist' Terbesar dalam Sejarah, Kisah Pembunuhan Diktator Terakhir Romawi Kuno Ini Juga Ciptakan 'Mantra' Melegenda

 Baca Juga: 'Saya Senang Berbuat Dosa', Kisah Festival Lupercalia, Pesta Masyarakat Romawi Kuno yang Penuh Berahi, Berakhir Berkat 'Martir Suci' yang Lahirkan Hari Valentine

Beberapa industri membutuhkan air kencing murni tanpa campuran, namun beberapa industri lain seperti pertanian dan penyamakan kulit menggunakan campuran air kencing dan kotoran.

Bisnis air kencing itu juga dikenai pajak.