Find Us On Social Media :

Dari Pahlawan hingga Jadi Buronan, Siapa Sangka Inilah Tempat Pelarian Gajah Mada Setelah Melakukan Pembantaian pada Ratusan Pasukan Sunda

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:08 WIB

Ilustrasi Mahapatih Gajah Mada

Intisari-Online.com - Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur yang pernah berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1527 M.

Kerajaan Majapahit mengalami masa keemasan ketika dipimpin oleh Hayam Wuruk.

Cucu Raden Wijaya ini memerintah pada 1350 M hingga 1389 M.

Saat memimpin, ia didampingi Patih Gajah Mada.

Beberapa catatan menyebutkan, Gajah Mada memulai karir dengan membaktikan diri sebagai seorang prajurit Kerajaan Majapahit.

Karena ketangkasan dan kecerdasannya, ia lantas diangkat menjadi bekel (panglima) Bhayangkara, pengawal elit yang bertugas melindungi raja dan keluarga Kerajaan Majapahit.

Saat menjadi bekel inilah, Gajah Mada berhasil menyelamatkan Prabu Jayanegara dan keluarganya saat terjadi pemberontakan oleh Rakrian Kuti, salah satu pejabat di Majapahit.

Gajah Mada membantu Jayanegara melarikan diri dari Trowulan ke Badander dan membawanya kembali ke ibu kota lalu menumpas pemberontakan.

Baca Juga: Bersahabat Erat dengan Majapahit Atas Pernikahan Kedua Putrinya dengan Raja dan Bangsawan Kerajaan Majapahit, Inilah Kerajaan Dharmasraya, Muncul Setelah Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya

Baca Juga: Kehebatannya Terdengar Sampai Daratan China, Siapa Sangka Majapahit Pernah Membuat Negeri Panda Gentar Sampai Berikan Dukungan Pada Kerajaan Ini Untuk Tandingi Majapahit

Sebagai balas jasa, Jayanegara mengangkat Gajah Mada menjadi patih.

Namun ada satu titik kemunduran bagi karir Gajah Mada di mana dia akhirnya mengundurkan diri dari jabatan Mahapatih di Kerajaan Majapahit, bahkan ada yang menceritakan dirinya menjadi buronan.