Find Us On Social Media :

Meski Diserang Habis-habisan oleh Serangan Kamikaze Jepang Selama Perang Dunia 2, Kapal Induk USS Intrepid Ini Terus Layani Hingga Beberapa Dekade, dan Begini Nasibnya Sekarang!

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 8 Januari 2022 | 10:55 WIB

Kapal induk USS Intrepid selama Perang Dunia 2.

Intisari-Online.com USS Intrepid merupakan kapal induk kelas Essex yang dibangun selama Perang Dunia 2.

Awalnya beroperasi di Teater Pasifik, kapal induk Intrepid akhirnya mejalani karier liar selama 30 tahun.

Kapal ini telah terkena sejumlah serangan kamikaze, ditugaskan dua kali, dibangun kembali, melayani Perang Vietnam, dan memancing tiga astronot dari laut.

Meski kariernya yang luar biasa, Intrepid juga dikenal karena nasib buruknya, dan sebagai hasilnya, dia mendapat julukan ‘Gejolak’ dan ‘Aku yang Kering’.

Setelah pensiun, untuk kedua kalinya, kapal ini ditambatkan di Pier 86 di New York, dan sekarang menjadi Intrepid Air dan Space Museum.

Pada tanggal 1 Desember 1941, Intrepid menjadi salah satu dari 24 kapal induk kelas Essex, dari urusan asli 32.

Kelas Essex adalah kelas kapal modal paling banyak di abad ke-20 dan tetap menjadi tulang punggung armada kapal induk Angkatan Laut AS, sepanjang perang sampai sampai kedatangan supercarrier pada 1960-an.

Berakhirnya Perjanjian Angkatan Laut Washington, membuat kapal induk sepanjang 266 m ini mampu membawa baju besi yang jauh lebih baik untuk meningkatkan daya tahannya.

Baca Juga: Berpakaian Bak Laki-laki, Inilah Kisah Yoshiko Kawashima ‘Mata Hari’ Timur Jauh, Putri China yang Jadi Mata-mata Jepang, Begini Akhir Kisah Hidupnya

  Baca Juga: AS Tiba-tiba Kerahkan Kapal Induk Beserta Jet Tempur F-35C ke Kawasan Indo-Pasifik, Tangkal Serangan China?

Ketika kosong, kapal-kapal tersebut berbobot 30.000 ton dan cukup besar untuk menerima pesawat yang lebih baru dan lebih berat seperti F6F Hellcat dan SB2C Helldiver.

Lift sisi-port berfungsi sebagai cadangan untuk dua lift tengah jika mereka macet.