Find Us On Social Media :

Rahasia Terkunci dalam Terompet pada Bangkai Kapal USS Houston, Seberapa Pentingkah Terompet Itu?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 19 Februari 2021 | 12:05 WIB

Seberapa pentingnya terompet yang ditemukan dalam bangkai kapal ini?

Intisari-Online.com – Ini tidak terlihat seperti jenis objek yang mungkin berisi rahasia sejarah, terkunci di dalamnya.

Sebenarnya, ini lebih terlihat seperti sesuatu yang bisa Anda temukan di obral garasi, yang dijual dengan harga beberapa sen.

Namun, menurut konservator Angkatan Laut senior di Washington Navy Yard, itu bisa menjadi bagian utama dari sejarah Perang Dunia Kedua.

Ini adalah terompet di kunci B-flat, diproduksi pada tahun 1934.

Baca Juga: Bangkai Kapal Sisa Perang Dunia II Akibat Torpedo Angkatan Laut Jepang Ini Dieksplorasi Setelah 75 Tahun, Sangat Disayangkan Bila Terjadi Kebocoran Bahan Bakar Bisa Sebabkan Pencemaran Laut

Lonceng terompet hancur dan corongnya hilang. Tubuh terompet tertutup retakan dan penyok.

Itu ditemukan dari kapal Angkatan Laut AS yang tenggelam yang menghilang di bawah gelombang selama Perang Dunia II.

Itu muncul di Navy Yard dua setengah tahun yang lalu setelah seorang penyelam scuba Australia menemukannya di reruntuhan USS Houston, sebuah kapal penjelajah yang tenggelam di lepas pantai pulau Jawa di Pasifik Selatan.

Kapal itu adalah kapal Angkatan Laut favorit Presiden Franklin Roosevelt dan berfungsi sebagai tokoh Angkatan Laut Amerika di Pasifik, simbol kekuatan laut Amerika di tahun, tahun antara perang.

Baca Juga: Tidak Ada Rasa Hormat, Bangkai Kapal Sisa Perang Dunia II yang Terawat Indah Terkoyak Bagian-bagiannya, Hanya Tinggallah Tumpukan Logam Tak Berarti