Find Us On Social Media :

Kapal USS Gabrielle Giffords Masih Kehilangan Rudal Jelajah Setelah Ditembakkan Satu di Laut China Selatan, Bagaimana Komitmen Angkatan Laut AS Jaga Agar Kapal Tetap Bersenjata Lengkap?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 8 April 2021 | 16:20 WIB

USS Gabrielle Giffords yang berpatroli di Laut China Selatan

Intisari-Online.com – Penggemar militer di seluruh dunia terkejut melihat bahwa Kapal Tempur Littoral (LCS) USS Gabrielle Giffords masih beroperasi di Laut Cina Selatan dengan salah satu pod RGM-184A-nya masih belum diisi ulang setelah dikeluarkan pada Oktober 2019.

USS Gabrielle Giffords menembakkan salah satu dari delapan misil RGM-184A miliknya sebagai bagian dari latihan penenggelaman yang dilakukan di Pasifik di lepas pantai Guam.

Dia menembakkan rudal ke fregat Oliver Hazard Perry yang dinonaktifkan pada tanggal 1 Oktober 2019.

Sejak itu dia terus beroperasi dengan hanya tujuh rudal yang dimuat alih-alih delapan rudal.

Baca Juga: Inilah Kapal USS Johnston, Kapal yang Ditenggelamkan oleh Tentara Jepang Lewat Pertempuran Laut Terbesar dalam Sejarah dan Membinasakan Angkatan Laut Jepang Sepenuhnya

Angkatan Laut secara konsisten menyatakan bahwa sistem persenjataan Mk 87 Mod 0 akan memberikan dorongan daya tembak untuk kedua kelas kapal LCS.

Ini membingungkan para penggemar militer mengapa USS Gabrielle Giffords masih beroperasi tanpa salah satu dari komponen yang tampaknya penting ini.

Tabung yang tampak kosong menimbulkan pertanyaan tentang komitmen Angkatan Laut AS untuk menjaga kapal-kapal ini tetap bersenjata lengkap dan kemampuannya untuk mendukung dan memasok kembali sistem ini.

Gabrielle Giffords adalah satu-satunya kapal jenis LCS yang saat ini secara operasional dikerahkan dipersenjatai dengan Naval Strike Missile.

Baca Juga: Senjata Rahasia Amerika dari Kapal USS O’Bannon ini Hanya Digunakan Sekali dalam Perang Dunia II Melawan Jepang yang Dikira Granat, Tapi….. Kentang!