Find Us On Social Media :

Berdiri Sebelum Kerajaan Majapahit, Inilah Kerajaan Kanjuruhan, Kerajaan Kuno Pertama di Jawa Timur, yang Keamanan Negerinya Terjamin, Tidak Ada Peperangan, Namun Ditaklukkan Kerajaan Mataram Kuno

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 9 Desember 2021 | 13:20 WIB

Candi Badut, salah satu peninggalan Kerajaan Kanjuruhan.

Intisari-Online.comKerajaan bercorak Hindu yang berdiri di abad ke-8 Masehi ini diyakini sebagai Kerajaan Pertama di Jawa Timur dan berdiri sebelum Kerajaan Majapahit.

Berpusat di Desa Kejuron, dekat kota Malang sekarang, sumber sejarah Kerajaan Kanjuruhan ini didapatkan dari Prasasti Dinoyo yang ditemukan di Malang.

Di dalam prasasti tersebut, disebutkan bahwa raja Kerajaan Kanjuruhan yang paling terkenal adalah Gajayana.

Namun, kerajaan ini tidak lama berkembang karena akhirnya ditaklukkan oleh Mataram.

Baca Juga: Berkuasa Dua Abad Lebih, Dipercaya yang Lahirkan Raja-raja Pajajaran, Sriwijaya, dan Majapahit, Inilah Kerajaan Salakanagara, Cikal-Bakal Suku Sunda

Selain prasasti Dinoyo, peninggalan lain dari Kerajaan Kanjuruhan adalah Candi Badut dan Candi Karangbesuki.

Pada zaman kuno, ketika Pulau Jawa diperintah oleh raja-raja yang tersebar di daerah-daerah, seperti Raja Purnawarman memeritnah Kerajaan Tarumanegara, Maharani Shima memerintah Kerajaan Kalingga (atau ‘Holing’), dan Raja Sanjaya memerintah di Mataram Kuno, Kerajaan Kanjuruhan ini berdiri di Jawa Timur.

Sebuah kerajaan yang aman dan makmur, berada di daerah Malang sekarang, di antara Sungai Brantas dan Sungai Metro, di dataran yang sekarang bernama Dinoyo, Merjosari, Tlogomas, dan Ketawanggede di Kecamatan Lowokwaru, Malang.

Diduga bahwa Kerajaan Kanjuruhan ini erat hubungannya dengan Kerajaan Kalingga (Holing) yang ada di Jawa Tengah.

Baca Juga: Kalahkan Prajurit Wanita dari Ratu yang Kuat Perkasa Bak Raksasa, Inilah Kisah Airlangga Dirikan Kerajaan Kahuripan Lanjutan Kerajaan Mataram Kuno Jawa Timur, Berakhir Bukan Karena Musuh, Tapi Ini!