Find Us On Social Media :

Miliki Jiwa Sosial yang Tinggi dan Tidak Semena-mena dengan Rakyatnya, Inilah Gambaran Kepahlawanan Raja Purnawarman dari Kerajaan Tertua di Indonesia, Cikal Bakal ‘Sunda’

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 19 November 2021 | 15:00 WIB

Sifat kepahlawanan Raja Purnawarman yang menghantarkan Kerajaan Tarumanegara mencapai puncak kejayaannya.

Intisari-Onilne.com – Merupakan Kerajaan tertua di Indonesia, raja terkenal dari Kerajaan Tarumanegara adalah Purnawarman.

Purnawarman merupakan raja ketiga Kerajaan Tarumanegara yang memerintah tahun 395-424 M.

Kerajaan Tarumanegara di bawah kekuasaan Raja Purnawarman ini mencapai puncak kejayaannya, rakyat dipimpin secara bijaksana dan negara ini berhasil menguasai 48 kerajaan daerah.

Purnawarman lahir pada 16 Maret 372 M, putra dari Maharaja Dharmayawarman (raja kedua Kerajaan Tarumanegara), dan cucu dari Jayasingawarman, pendiri Kerajaan Tarumanegara.

Baca Juga: Didirikan oleh Maharesi dari India dan Kuasai Hampir Seluruh Jawa Barat, Inilah Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang Pada Puncak Kejayaan Rakyatnya Hidup Tenteram

Jayasingawarman merupakan menantu Sang Prabu Dewawarman VIII, raja terakhir Kerajaan Salakanagara yang beribu kota di Pandeglang, saat ini.

Purnawarman, dalam bahasa Sansekerta, berarti perisai yang sempurna.

Menjadi raja Kerajaan Tarumanegara pada 395 M, Purnawarman ketika itu berusia 23 tahun, yang kemudian membangun ibu kota kerajaan yang letaknya lebih dekat ke pantai.

Terjadi pada 397, kota itu diberi nama Sundapura, cikal-bakal kata ‘Sunda’ sekarang.

Purnawarman dikenal sebagai raja yang gagah berani, bijaksana, dan sangat memperhatikan kehidupan rakyaknya.

Baca Juga: Banjir Jakarta, Sejarah Mencatat 'Penyakit Tahunan' Ini Sudah Terjadi Bahkan Sejak Zaman Tarumanegara hingga Sekarang