Find Us On Social Media :

Didirikan oleh Maharesi dari India dan Kuasai Hampir Seluruh Jawa Barat, Inilah Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang Pada Puncak Kejayaan Rakyatnya Hidup Tenteram

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 16 November 2021 | 14:50 WIB

Prasasti Ciaruteun, peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

Intisari-Online.com – Merupakan kerajaan dengan corak Hindu tertua di Nusantara, Kerajaan Tarumanegara adalah kerajana kedua setelah Kutai.

Kerajaan Tarumanegara mengambil letak di tepi Sungai Citarum, Jawa Barat, dengan pendirinya adalah Maharesi Jayasingawarman dari India.

Berdiri pada abad ke-4, tepatnya pada tahun 359 M, kerajaan Tarumanegara mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Purnawarman (395-434 M).

Pada masa periode kekuasaan Purnawarman ini rakyat di Kerajaan Tarumanegara tersebut hidup tenteram dan negara ini berhasil menguasai 48 kerajaan daerah.

Baca Juga: Banjir Jakarta, Sejarah Mencatat 'Penyakit Tahunan' Ini Sudah Terjadi Bahkan Sejak Zaman Tarumanegara hingga Sekarang

Bisa dikatakan, bahwa wilayah kekuasaan Tarumanegara hmeliputi hampir seluruh Jawa Barat.

Tarumanegara juga termasuk salah satu kerajaan yang menyisakan banyak peninggalan, mulai dari prasasti, arca, hingga candi.

Dari peninggalannya itulah, kita mendapatkan informasi mengenai kerajaan Tarumanegara

Prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara tersebut dituliskan dengan menggunakan huruf Pallawa dan Bahasa Sansekerta.

Baca Juga: Ungkapkan Perjalanan Hidup Ken Arok dan Kisah Kehidupan Kerajaan Majapahit, Benarkah Isi Kitab Pararaton Hanyalah Cerita Mitos Saja?