Find Us On Social Media :

Jangan Lagi Mau Terbujuk untuk Foto Pegang KTP Baik Oleh Teman Atau Keluarga, Bisa-bisa Jadi Seperti Mahasiswa Ini yang Terpaksa Bayar Utang di Pinjol Padahal Tak Tahu Apa-apa!

By May N, Senin, 25 Oktober 2021 | 16:35 WIB

Ratusan Ribu Remaja Terjerat Pinjaman Online, Peminjam Biasanya Kena Tipu Permainan Pinjol

Intisari - Online.com - Pinjaman online ilegal memang sebuah sindikat usaha yang kotor dan mengerikan.

Layaknya lintah darat berbentuk virtual, pinjol bisa membuat seseorang harus membayar puluhan juta untuk utang yang bahkan bukan utangnya.

Seperti kasus yang dialami oleh seorang mahasiswa di Semarang berinisial M.

Ia terpaksa melunasi utang temannya, karena justru ia malah yang ditagih.

Baca Juga: Tak Punya Hati, SMS-SMS yang Dikirimnya Diduga Picu Ibu di Wonogiri Bunuh Diri, Karyawan Pinjol Ini Malah Merasa Tak Bersalah, Bahkah Ogah 'Resign'

Kejadian berawal dari M tidak sadar ketika diminta foto memegang KTP oleh temannya, awalnya M menganggapnya hanya untuk bercandaan saja.

Ternyata temannya punya niat buruk karena foto tersebut disalahgunakan untuk mencari pinjol dan nomor M diberikan temannya kepada pihak pinjol sebagai nomor darurat.

"Saya awalnya disuruh foto sama KTP oleh teman saya. Saya kira ya buat guyon (bercanda). Ternyata foto itu disalahgunakan teman saya untuk pinjol ilegal," ujar dia, Sabtu (23/10/2021).

Ia sadar keadaan ternyata serius, ketika ia terus-terusan dihubungi oleh nomor yang tidak dikenal dengan tujuan menagih utang.

Baca Juga: Pantesan Bunganya Bikin Rakyat Kecil Makin Sengsara, Terkuak Jumlah Gaji Pegawai Pinjol Ilegal Ternyata Tak Main-Main, Minim Mulai Rp15 Juta, Ini Dia Tugasnya