Pantas Saja Amerika Bikin Kapal dari Bahan Murah yang Jarang Digunakan Karena Persediaan Baja Berkurang Setelah Perang Dunia I, Namun Inilah yang Kemudian Terjadi pada 12 Kapal ‘Aneh’ Tersebut

K. Tatik Wardayati

Penulis

Intisari-Online.com – Selama Perang Dunia I, kapal selam Jerman mendatangkan malapetakan terhadap kapal-kapal Sekutu di Samudra Atlantik.

Namun, mengganti kapal-kapal ini semakin sulit karena persediaan baja berkurang.

Akhirnya Presiden AS Woodrow Wilson menyetujui pembangunan 24 kapal dengan bahan baku yang lebih murah ini.

Bahan baku apa yang digunakan untuk pembuatan kapal tersebut?

Baca Juga: Tak Hanya Harta Karun yang Ditemukan di Bangkai Kapal Bawah Laut, Nyatanya Makhluk Mikro Ini Telah Tumbuh Terlebih Dahulu Demi Kita Bisa Lihat Sesuatu yang Lebih Indah

Beton! Ya, beton.

Beton adalah bahan yang terkadang digunakan dalam konstruksi kapal, meskipun tidak ideal.

Bahan bakunya lebih murah, tetapi kapal membutuhkan lambung yang lebih tebal untuk mempertahankan kekuatan, sehingga meningkatkan ukuran fisiknya dan lebih sulit untuk didorong melalui air, atau mengurangi jumlah ruang kargo di dalamnya.

Dari 24 kapal beton yang direncanakan, hanya 12 yang dibangun pada saat Perang Dunia I berakhir, dan sisanya dibatalkan.

Baca Juga: Bangkai Kapal Romawi Kuno Ini Ditemukan di Pesisir Sisilia, Penuh dengan Amphora Anggur, Jadi Bukti Jenis Anggur di Tempat Ini Menarik Perhatian Julius Caesar

Ke-12 kapal itu selesai dan dijual untuk berbagai keperluan.

Bagaimana nasib ke-12 kapal beton yang aneh itu? Ini dia!

1. SS Atlantus

SS Atlantus adalah yang kedua dari 12 kapal beton dan diluncurkan pada tanggal 5 Desember 1918.

Kapal kargo ini melewatkan Perang Dunia I tetapi digunakan untuk mengangkut pasukan kembali ke AS dari Eropa.

Kapal ini dibeli oleh Kolonel Jesse Rosenfeld pada tahun 1926 yang berencana menggunakannya sebagai dermaga feri di Cape May, New Jersey.

Saat ditarik ke lokasi tersebut, SS Atlantus melepaskan diri saat badai dan kandas 45,72 meter di lepas pantai Sunset Beach.

Karena terlalu dekat dengan pantai malah menjadi objek wisata yang populer selama beberapa dekade.

Sekarang, kondisinya semakin buruk, tetapi potongan-potongan yang tersisa masih terlihat.

Baca Juga: Kisah Stickleback, Kapal Selam Perang Dunia II yang Hilang, Selama 62 Tahun ‘Bertahan’ di 3.500 Meter di Bawah Permukaan Laut

2. SS Cape Fear

SS Cape Fear adalah kapal uap kargo dan kapal beton ketiga yang dibangun.

Kapal ini diluncurkan pada tahun 1919 dan akan berfungsi sebagai pengingat mengapa beton bukanlah bahan pembuatan kapal yang bagus.

Pada tahun 1920 kapal ini bertabrakan dengan kapal barang City of Atlanta, sebuah kapal yang akan menanggung dua tabrakan lagi selama hidupnya.

Tabrakan itu dikatakan benar-benar menghancurkan SS Cape Fear, tenggelam hanya dalam waktu tiga menit, dan 19 kru hilang.

Kapal ini masih terletak 51,82 meter di bawah permukaan laut di lepas pantai Rhode Island.

3. SS Cuyamaca

Sebuah kapal tanker minyak, SS Cuyamaca selesai dibangun pada tahun 1920 dan menghabiskan sebagian besar tugasnya mengangkut minyak di Teluk Meksiko.

Dia diubah menjadi tongkang minyak pada tahun 1924.

Namun, nasib SS Cuyamaca tidak diketahui, tetapi diperkirakan pada tahun 1926 kapal seberat 7.500 ton itu dibongkar atau ditenggelamkan sebagai pemecah gelombang.

Baca Juga: Bangkai Kapal Perang Saudara yang Ditemukan Kembali Dapatkan Pengakuan Internasional, Berisi Artefak Barang-barang Pribadi Bahkan Surat Pribadi Para Tentara

4. SS Dinsmore

Kapal tanker minyak lainnya, SS Dinsmore diluncurkan pada pertengahan 1920 dan digunakan sebagai tanker penyimpanan minyak hingga tahun 1932.

Seperti SS Cuyamaca, tempat peristirahatan terakhir SS Dinsmore tidak diketahui, tetapi kemungkinan besar dia tenggelam sebagai pemecah gelombang di Teluk Meksiko .

5. SS Latham

SS Latham adalah kapal tanker minyak yang diluncurkan pada 6 Mei 1920.

Ketika kembali dari perjalanan pertamanya yang mengangkut pipa minyak, SS Latham menabrak dermaga dan air masuk ke ruang kargo sehingga hampir menenggelamkannya.

Pada tahun 1926 SS Latham diubah menjadi tangki penyimpanan minyak terapung di New Orleans. Kini, nasibnya tidak diketahui.

6. SS Moffit

SS Moffit diluncurkan tepat setelah dia pada bulan September 1920, merupakan kapal tanker minyak yang dicoret dari pembukuan pada tahun 1925.

Hingga kini, tidak diketahui apa yang terjadi pada kapal beton ini kemudian setelah titik ini.

Baca Juga: Berasal dari Pasukan ‘Harimau Terbang’, Inilah Sisa-sisa Pesawat Pengebom Amerika Saat Perang Dunia II Ditemukan di Sungai Yangtze China, Tersangkut Jaring Nelayan

7. SS Palo Alto

SS Palo Alto adalah kapal paling terkenal dalam daftar ini.

Kapal tanker minyak ini diluncurkan pada 29 Mei 1919, tetapi tetap ditambatkan di Teluk San Francisco selama dekade berikutnya.

Kapal ini dibeli oleh Seacliff Amusement Corporation pada tahun 1929 dan ditarik ke Seacliff State Beach di California.

SS Palo Alto berlabuh di dasar laut yang dangkal dan sebuah dermaga dibangun untuk menutupi celah antara kapal ini dan pantai.

Kapal ini kemudian menjelma menjadi pusat hiburan yang menampilkan ruang dansa, ruang makan, dan bahkan kolam renang.

Depresi Hebat membuat Seacliff Amusement Company bangkrut dua tahun kemudian.

Saat ini kapal setinggi 128 meter itu masih berada di lokasi yang sama tetapi sekarang telah pecah menjadi beberapa bagian.

Baca Juga: Bahkan Ahli Pun Sampai Bingung, Simbol Umat Kristen dan Islam Ditemukan Terkubur di Dalam Bangkai Kapal Abad ke-7 Ini, Pas Dibongkar Banyak Barang Unik LainnyaJuga Muncul

8. SS Peralta

SS Peralta adalah satu-satunya kapal beton dari armada Perang Dunia I yang masih mengambang.

Merupakan saudara dari kapal SS Palo Alto dan diluncurkan pada awal 1920.

Peralta dibeli pada tahun 1924 dan digunakan sebagai pengalengan sarden di Alaska.

Pada tahun 1958 SS Peralta diangkut ke Sungai Powell di British Columbia, Kanada, dan difungsikan sebagai pemecah gelombang terapung yang melindungi operasi penebangan.

Hingga saat ini kapal tersebut masih berada di lokasi dan merupakan kapal beton terbesar yang mengapun di dunia.

9. SS Polias

Melansir dari War History Online, kapal ini adalah yang pertama dari 12 kapal beton yang diselesaikan.

Diluncurkan setelah Perang Dunia I berakhir, Polias mengangkut batu bara di New England.

Baca Juga: Setelah 103 Tahun ‘Terbaring’ di Dasar Laut, Kapal Selam Australia Sisa-sisa Perang Dunia I Akhirnya Ditemukan, Jadi Kuburan Perang Bagi Tiga Puluh Lima Awak Kapal di Dalamnya

Kapal ini kemudian menabrak dasar laut selama badai pada tahun 1920 dan rusak parah.

14 awak kapal tewas saat berusaha meninggalkan bangkai kapal.

Meskipun ada upaya kemudian untuk menyelamatkan kapal beton, namun badai menghancurkan jenazahnya menjadi puing-puing pada tahun 1924.

Hingga saat ini, bagian-bagian kapal masih dapat dilihat ketika air sedang surut.

10. SS San Pasqual

SS San Pasqual mungkin memiliki sejarah paling penting dari semua kapal beton.

Diluncurkan pada tahun 1920, kapal ini rusak pada tahun berikutnya dan ditambatkan selama tiga tahun.

Setelah ini, kapal dibeli oleh sebuah perusahaan Kuba dan dipindahkan ke Santiago de Cuba.

Delapan tahun kemudian dia dipindahkan ke Havana, Kuba, yang digunakan sebagai depot-kapal.

Baca Juga: Demi 'Mencuri' Teknologi Nuklir Kapal Selam Uni Soviet, Inilah Cara Gila Amerika Angkut Bangkai Kapal Selam Seberat 1.750 Ton yang Tenggelam di Kedalaman 4.900 Meter

Kapal ini kemudian kandas di lepas pantai Kuba pada tahun 1933.

SS San Pasqual dilengkapi dengan senjata selama Perang Dunia II dan berfungsi sebagai posisi pengintai untuk kapal selam Jerman.

Kapal itu kemudian digunakan lagi dalam Revolusi Kuba sebagai penjara bagi musuh yang ditangkap oleh Che Guevara.

Pada 1990-an San Pasqual diubah menjadi hotel.

Saat ini, kapal tersebut masih ‘bersandar’ di lokasi yang sama, tetapi telah ditinggalkan.

11. SS Sapona

SS Sapona adalah kapal uap kargo yang diluncurkan pada Januari 1920.

Perlengkapan internalnya dijual pada awal 1920-an dan kapal digunakan untuk penyimpanan minyak.

Pada tahun 1924 Sapona dijual kepada seseorang yang menggunakan kapal tersebut sebagai lokasi penyimpanan lepas pantai di Bahama untuk persediaan alkoholnya.

Pada tahun 1926, badai menghantam kapal dan kandas, membuat kandungan alkohol di dalamnya hancur.

Baca Juga: Kapal Perang Inggris Ini Tenggelam di Pangkalan Angkatan Lautnya Sendiri Saat Perang Dunia II Karena Torpedo Musuh, Jadi Kuburan Perang di Bawah Laut Bagi 833 Pelaut

Bangkai kapal, yang berada di sekitar 6,1 meter, digunakan untuk latihan target di Perang Dunia II.

Hingga hari ini, masih berada di lokasi yang sama dan merupakan tempat untuk atraksi menyelam yang populer.

12. SS Selma

SS Selma diluncurkan pada pertengahan 1919 dan merupakan saudara SS Latham.

Kapal ini kemudian menabrak dermaga di lepas pantai Tampico, Florida pada awal 1920 dan dibawa ke Galveston, Texas untuk diperbaiki.

Karena tidak ada seorang pun di sana yang memiliki pengalaman dengan kapal beton, akhirnya diputuskan untuk dibuang.

Kapal tersebut ditempatkan di dekat Pulau Pelican, Texas, dan tetap di sana sampai hari ini.

Seorang pensiunan editor surat kabar membeli Selma pada tahun 1992 dan merayakan ulang tahunnya setiap tahun.

Baca Juga: ‘Pemimpin Alami dan Pemberani’ Inilah Kisah Komandan Kapal Selam yang Tenggelamkan Kapal Musuh dengan Bom Molotov Selama Perang Dunia II Kini Berlayar dalam Keabadian

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait