Find Us On Social Media :

Bangkai Kapal Romawi Kuno Ini Ditemukan di Pesisir Sisilia, Penuh dengan Amphora Anggur, Jadi Bukti Jenis Anggur di Tempat Ini Menarik Perhatian Julius Caesar

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 4 Agustus 2021 | 14:25 WIB

Amphora anggur, ditemukan pada kargo bangkai kapal Romawi Kuno.

Intisari-Online.comBangkai kapal Romawi Kuno ini berasal dari abad kedua SM.

Di lepas pantai Palermo, Sisilia, para arkeolog telah menemukan kapal karam dari masa Romawi Kuno yang sarat dengan amphora, atau guci yang digunakan terutama untuk mengangkut anggur dan minyak zaitun.

The Superintendence of the Sea (SopMare), adalah sebuah badan pemerintah Sisilia yang bertanggung jawab untuk menjaga benda-benda bersejarah dan alam yang ditemukan di perairan laut.

Menurut mereka, kapal ini ditemukan pada abad kedua SM, di dekat Isola delle Femmine, lapor surat kabar lokal PalermoToday.

Baca Juga: Kisah Stickleback, Kapal Selam Perang Dunia II yang Hilang, Selama 62 Tahun ‘Bertahan’ di 3.500 Meter di Bawah Permukaan Laut

Kapal bersandar di Laut Mediterania pada kedalaman sekitar 92,05 meter.

Di atas kapal karam itu terdapat ‘muatan berlebihan’ dari amphora anggur, tulis Lorenzo Tondo pada Guardian.

Pihak berwenang memuji bahwa temuan itu adalah salah satu penemuan arkeologi terpenting di wilayah tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

“Mediterania terus memberi kita elemen berharga untuk rekonstruksi sejarah kita yang terkait dengan perdagangan maritim, jenis kapal, transportasi yang dilakukan,'' kata Valeria Li Vigni, pemimpin ekspedisi dan pengawas laut untuk Sisilia.

Baca Juga: Bangkai Kapal Perang Saudara yang Ditemukan Kembali Dapatkan Pengakuan Internasional, Berisi Artefak Barang-barang Pribadi Bahkan Surat Pribadi Para Tentara