Penulis
Intisari-Online.com – Pada tanggal 13 Oktober 1939, kapal perang HMS Royal Oak ditorpedo dan ditenggelamkan di Scapa Flow dengan hilangnya 833 nyawa.
Hanya beberapa minggu setelah pecahnya Perang Dunia II, ini merupakan salah satu bencana angkatan laut terburuk di Inggris.
Peristiwa yang mengejutkan karena terjadi di dalam pangkalan angkatan laut yang terkenal dan seharusnya tidak tertembus.
Scapa Flow, di Kepulauan Orkney, Skotlandia, adalah pangkalan Angkatan Laut Kerajaan Inggris dalam Perang Dunia I.
Pertahanannya yang terorganisir dengan baik membuatnya mendapat reputasi sebagai pelabuhan yang aman, di mana kapal-kapal Inggris benar-benar aman.
Tetapi pada tahun-tahun antarperang, pertahanan diabaikan, dan ketika perang pecah dengan Jerman pada tahun 1939, pangkalan itu dalam kondisi yang buruk.
Hampir tidak ada cukup orang, lampu sorot, senjata, atau kapal patroli untuk mengamankan Scapa Flow.
Kapal pemblokir, yang menghalangi saluran sempit ke Scapa Flow, telah berkarat.
Kapitanleutnant Günther Prien, komandan kapal selam Jerman U-47, memanfaatkan kelemahan ini dan memasuki pelabuhan sesaat sebelum tengah malam pada 13 Oktober 1939.
Dia menemukan Royal Oak bersandar di jangkarnya, yang tidak menyadari bahaya apapun.
Empat torpedo pertama dilepaskan dari kapal selam Jerman yang hanya menyebabkan kerusakan kecil, karena beberapa melesat dan malfungsi.
Tetapi kru Royal Oak, yang kebanyakan tidur di bawah dek di tempat tidur gantung, mengira hanya terjadi ledakan kecil di dalam.
Mereka tidak membayangkan bahwa mungkin saja mereka sedang diserang.
Lalu, Prien melanjutkan mengisi kembali tabung torpedonya dan menyerang lagi.
Kali ini tiga ledakan di tengah kapal menyegel nasib Royal Oak.
Sebuah lobang besar merobek sisi kapal.
Prien dengan cepat mulai berguling, kemudian magasin cordite terbakar, lalu mengirimkan bola api yang melesat ke seluruh kapal.
Listrik mati dalam beberapa menit, menyebabkan kapal tenggelam dalam kegelapan.
Hanya yang sangat cerdik, atau sangat beruntung, bisa keluar dari dalam kapal.
Saat kapal selam Jerman U-47 kemudian melarikan diri dari Scapa Flow tanpa terdeteksi, lebih dari 300 pelaut Inggris melompat ke perairan Scapa Flow yang gelap dan membeku.
Beberapa mengalami luka bakar yang parah.
Bahan bakar minyak kental menutupi, mencekik, dan membutakan mereka.
Namun, berkat kerja heroik Daisy II (tender kapal perang yang ditambatkan pada saat penyerangan), 386 orang dapat ditarik dari air hidup-hidup.
Itu kurang dari sepertiga kru kapal HMS Royal Oak.
Sementara itu, Günther Prien dan awak kapal selam U-47 disambut bak pahlawan di Jerman, dan Hitler mengirim pesawat pribadinya untuk menerbangkan mereka ke Berlin agar dia bisa memberi selamat secara pribadi.
Prien dianugerahi Knight's Cross, penghargaan militer tertinggi Jerman, dan terkenal bak selebriti.
Mesin propaganda Nazi bekerja terlalu keras, dan memeras pencapaian yang memang luar biasa ini untuk semua yang dilakukannya.
Kembali ke Inggris, hilangnya Royal Oak menyebabkan keterkejutan dan kesedihan, terutama karena hilangnya banyak pelaut.
Ada 163 orang di antara mereka di atas kapal, beberapa berusia 15 tahun. 126 tewas bersama Royal Oak.
Ini akan berkontribusi pada akhir tradisi kuno anak laki-laki yang melayani magang mereka di kapal perang.
Hilangnya Royal Oak adalah peristiwa tragis dan demoralisasi bagi Inggris, tetapi dalam konteks perang, hal itu segera disusul oleh berbagai peristiwa.
Angkatan Laut Kerajaan, dan orang-orang yang selamat dari HMS Royal Oak, melanjutkan perang, begitu pula para ayah, saudara laki-laki, dan istri dari mereka yang tewas.
Tapi tidak ada yang bisa melupakan hilangnya Royal Oak dan begitu banyak orang.
Hingga kini mereka masih beristiharat di dalam lambung kapal yang terbalik, yang menjadi kuburan perang terlindung sedalam 30,5 meter di bawah air Scapa Flow.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari