Find Us On Social Media :

Mengembara Numpang Mikrolet hingga Mendompleng Truk, Bagaimana Jejak Persembunyian Sosok dari Indonesia yang Dikagumi Xanana Gusmao yang Hilang 'Diburu Para Jenderal' Ini?

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 28 Juli 2021 | 09:53 WIB

Wiji Thukul, penyair dan aktivis pro demokrasi Indonesia yang hilang sejak 1998.

Intisari-Online.com - Pemimpin perjuangan kemerdekaan Timor Leste, Xanana Gusmao, amat menghormati sosok Wiji Thukul, penyair dan aktivis pro demokrasi Indonesia yang hilang sejak 1998.

Melalui puisi-puisinya, Thukul dianggap berkontribusi dalam perjuangan rakyat Timor Leste medapatkan kemerdekaan.

"Wiji Thukul salah satu sosok yang dihormati oleh Xanana," ujar Nuno Corvelo Laloran dari Associacao Dos Combatentes Da Brigada Negra (ACBN) saat dihubungi Kompas.com pada 2016 silam.

Menurut Nuno, Thukul pun ikut terlibat aktif dalam demonstrasi menuntut proses demokratisasi di Timor Leste.

Baca Juga: Tagar #PresidenTerburukDalamSejarah Trending, Siapa Sangka Rektor UI Satu Ini Malah Disebut Sebagai 'Dalang Rekayasa Sejarah Indonesia', Pelantikannya Bahkan Disambut Caci Maki Mahasiswa

"Kami memberikan penghargaan kepada Thukul karena dianggap berkontribusi dalam proses perjuangan Timor Leste meraih kemerdekaan," ungkap Nuno.

Nuno menceritakan, pada tanggal 16 Maret 2016, Xanana Gusmao memberikan penghargaan kepada Wiji Thukul karena dianggap berjasa dalam mewujudkan proses demokratisasi di Timor Leste.

Dalam acara penyerahan penghargaan, Fitri Nganthi Wani, putri Wiji Thukul membacakan sajak "Peringatan" karya ayahnya.

Xanana Gusmao terharu saat Wani usai membaca sajak “Peringatan”.

Baca Juga: Detik-detik Kronologi Indonesia Menginvasi Timor Leste pada 1975 hingga Soeharto Digulingkan dari Kekuasaannya pada 1998