Find Us On Social Media :

Detik-detik Kronologi Indonesia Menginvasi Timor Leste pada 1975 hingga Soeharto Digulingkan dari Kekuasaannya pada 1998

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 17 Juli 2021 | 17:55 WIB

Invasi Indonesia ke Timor Leste

Intisari-Online.com - Pagi-pagi sekali, pasukan Indonesia melancarkan invasi besar-besaran ke bekas separuh Portugis di pulau Timor, yang terletak di dekat Australia di Laut Timor.

Portugis meninggalkan Timor Leste pada bulan Agustus 1975, dan pasukan Indonesia segera mulai menyusup ke perbatasan dari Timor Barat Indonesia.

Pada tanggal 28 November, pemerintah Timor Leste yang terpilih secara demokratis, karena takut akan invasi Indonesia yang akan segera terjadi, memproklamasikan Republik Demokratik Timor Leste.

Pada pagi hari tanggal 7 Desember, Indonesia merespons dengan memulai pemboman laut kota Dili, diikuti dengan pendaratan pasukan terjun payung dari udara dan marinir di pantai.

Baca Juga: Tak Melulu Tinggalkan Kenangan Pahit di Timor Leste, Bangsa Portugislah yang Pertama Kali Perkenalkan Komoditas yang Kini Jadi Salah Satu Penyumbang Ekspor Terbesar di Timor Leste

Pada tanggal 10 Desember, pasukan invasi kedua merebut kota terbesar kedua, Baucau.

Di tempat lain, perlawanan orang Timor berlanjut.

Tetapi pada tahun 1978 pencaplokan Timor Leste oleh Indonesia pada dasarnya selesai.

Selama tahun-tahun awal invasi dan pendudukan Indonesia, lebih dari 100.000 orang Timor Leste tewas sebagai akibat langsung dari konflik tersebut.

Baca Juga: Sering Dianggap Remeh di Dalam dan Luar Rumah, Perjuangan Perempuan di Timor Leste Hadapi Masa Depan Cerah dengan Adanya Undang-undang Ini