Find Us On Social Media :

Korbannya 6 Orang Termasuk 2 Awak Belanda, Kapal Perang Tjerk Hiddes Meledak Usai Bolak-balik Evakuasi Pasukan Sekutu dari Timor Leste selama Perang Dunia II

By Khaerunisa, Minggu, 11 Juli 2021 | 17:05 WIB

Kapal Hr. Tjerk Hiddes, kapal yang digunakan untuk mengevakuasi pasukan sekutu dan pendukungnya dari Timor Leste dalam 'Battle of Timor'

Intisari-Online.com - Timor Leste menjadi salah satu medan pertempuran selama Perang Dunia II.

Berlangsung pertempuran antara Pasukan Jepang dan Pasukan Sekutu sejak Februari 1942 hingga akhir tahun.

Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan Pasukan Jepang yang berhasil memukul mundur Pasukan Sekutu yang terutama dari Australia, Inggris Raya, dan Hindia Belanda.

Kalah dalam pertempuran yang dikenal sebagai 'Battle of Timor' itu, setidaknya Pasukan Sekutu dapat menyelamatkan orang-orangnya.

Baca Juga: Siapa yang Pertama Membangunnya Masih Jadi Misteri, Inilah Resort dengan Pemandian Air Panas di Timor Leste, Tersembunyi di Desa Terpencil Bumi Lorosae

Termasuk para pendukungnya dari pribumi maupun penjajah Portugis.

Ketika itu, Timor Leste tengah dikuasai Portugis yang sebenarnya netral dalam Perang Dunia II, tapi rupanya itu tak menghentikan pertemputan di Pulau Timor.

Kapal Belanda Hr. Ms. Tjerk Hiddes merupakan kapal dikirim dari Australia untuk mengevakuasi pasukan sekutu di Timor Leste.

Hr. Ms. Tjerk Hiddes membutuhkan tiga kali perjalanan bolak-balik dari Australia ke Timor Leste untuk melakukannya, tak ayal membuat kapal ini membutuhkan perbaikan segera sesampainya di demaga Victoria.