Find Us On Social Media :

Menandai Berakhirnya Perang Dunia II Sekaligus Lahirnya Perang Dingin, Inilah Isi Perjanjian Postdam yang Disepakati Negara-negara Pemanang Perang

By Khaerunisa, Jumat, 2 Juli 2021 | 18:15 WIB

Perwakilan 3 negara yang merumuskan isi Perjanjian Postdam. Dari kiri ke kanan: Clement Richard Atlee, Harry S Truman, Joseph Stalin .

Intisari-Online.com - Disepakatinya isi Perjanjian Postdam oleh negara-negara pemenang menandai berakhirnya Perang Dunia II.

Konferensi Postdam dilakukan ketika Jerman telah menyerah kepada sekutu.

Sementara itu, tak lama setelah pertemuan di Postdam, giliran Jepang menyerah dengan bom atom AS telah dijatuhkan di negara itu.

Berkumpul tokoh-tokoh dari negara pemenang dalam konferensi tersebut untuk memutuskan bagaimana mengelola Jerman Nazi yang dikalahkan.

 Baca Juga: Berkuasa di Indonesia setelah Isi Perjanjian Tuntang Ditandatangani Inggris dan Belanda, Ini Faktor Kegagalan Sistem Sewa Tanah Stamford Raffles di Nusantara

Konferensi Postdam dimulai sejak 17 Juli hingga 2 Agustus 1945, sembilan minggu setelah Jerman setuju untuk menyerah tanpa syarat pada tanggal 8 Mei.

Ini juga merupakan konferensi terakhir yang dihadiri oleh negara "Big Three", yakni Uni Soviet, Amerika Serikat, dan Inggris, semasa Perang Dunia II.

Potsdam jadi tempat ketiga pertemuan ketiga negara setelah sebelumnya pernah terjadi di Teheran, Iran, tahun 1943 dan di Yalta, Uni Soviet, pada Februari 1945.

Hadir pemimpin negara "Big Three", antara lain pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill dan Clement Attlee, serta Presiden AS Harry S. Truman.