Find Us On Social Media :

Inilah Mata Uang Timor Leste, Pernah Gunakan Rupiah Indonesia Kini Resmi Gunakan Dolar Amerika Serikat dan Koin Milik Sendiri

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 6 Mei 2021 | 10:25 WIB

Mata uang Timor Leste, dolar Amerika dan koin Centavo

Intisari-Online.com – Sejarah panjang menyertai pemerintahan Timor Leste dalam penggunaan mata uangnya hingga mereka memiliki sendiri koin yang resmi digunakan.

Pada tahun 1702, setelah terbentuknya koloni Timor Portugis, mil reis Portugis mulai beredar di daerah tersebut.

Itu beredar di koloni sampai 1894, ketika Timor Portugis memperkenalkan mata uangnya sendiri, pataca.

Pada tahun 1942, setelah invasi Jepang yang berhasil ke Timor, gulden Hindia Belanda diperkenalkan di Timor Portugis, diikuti oleh roepiah pada tahun 1943.

Baca Juga: Melesat di Langit Timor Leste, Pilot Indonesia Ini Ternyata Nyaris Baku Tembak dengan Pesawat Tempur Australia, Begini Kisahnya

Setelah Perang Dunia II berakhir, Timor Portugis memperkenalkan kembali pataca, yang digantikan oleh escudo pada tahun 1959.

Menyusul Invasi Indonesia ke Timor Timur tahun 1975, seluruh pulau Timor menggunakan rupiah Indonesia.

Itu tetap menjadi mata uang sampai tahun 2000, ketika Administrasi Transisi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Timor Lorosae memutuskan bahwa dolar Amerika Serikat akan menjadi alat pembayaran yang sah di koloni tersebut.

Negara yang baru didirikan itu memperkenalkan koinnya sendiri pada tahun 2003 untuk menggantikan rekan-rekan Amerika mereka.

Baca Juga: Tepat Saat Mengenang 40 Tahun Invasi ke Timor Leste, Mantan Jenderal Kopassus Ini Bocorkan Alasan TNI Beringas Saat Menggempur Timor Leste, Ternyata Alasan Ini Pemicunya