Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste, Minta Tolong ke Indonesia untuk Meredam Perang Saudara, Tapi Malah Justru Memperkeruh Konflik hingga Korban Berjatuhan dari Kedua Pihak

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 4 Mei 2021 | 18:41 WIB

Sejarah Timor Leste

Intisari-Online.com - Sejarah Timor Leste mencatat bahwa negara ini memproklamirkan kemerdekannya pada 28 November 1975.

Namun karena Deklarasi Kemerdekaan ini dinyatakan secara sepihak, dampaknya menyebabkan perang saudara.

Pemerintah Timor-Leste sejak 1859 masuk ke dalam wilayah kekuasaan Portugis, sementara Pulau Timor bagian barat ada di bawah kekasaan Belanda.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, Pemerintah Indonesia menegaskan di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan dunia internasional, serta tidak memiliki ambisi teritorial terhadap Timor Timur.

Baca Juga: Inilah Bahasa Tetun, Bahasa Asli Timor Leste yang Bermanfaat Bagi TNI untuk Ringkus Penyelundup Senjata Saat Terjadi Gelombang Pengungsi Timor Leste ke Indonesia Menjelang Tahun 1975

Karena itu sejak 1960, PBB menganggap Timor-Leste sebagai wilayah non-otonom yang ada di bawah pemerintahan Portugis.

Dari 1962 hingga 1973, Majelis Umum PBB mengakui hak Timor-Leste untuk menentukan nasib sendiri.

Namun, Portugal menolak mengakui hak tersebut dan mengakui Timor-Leste sebagai provinsi Portugis, setara dengan provinsi-provinsi lainnya.

Setahun kemudian pada 1974, terdapat Revolusi April yang memulihkan demokrasi di Portugal dan Pemerintah Portugal menghormati hak penentuan nasib sendiri untuk Timor-Leste.

Baca Juga: Padahal Jauh Lebih Kaya Raya dan Lebih Maju, Tetapi Taiwan Justru Disarankan Untuk Meniru Timor Leste, Rupanya Hal Inilah yang Harus Ditiru