Find Us On Social Media :

Sempat Nikmati Manisnya Pertumbuhan Ekonomi, Timor Leste Perlahan-lahan Hancur Karena Pemerintah yang Tak Becus Urus Anggaran, Ladang Minyak Tak Bisa Dinikmati hingga Proyek Besar Mangkrak

By Tatik Ariyani, Minggu, 2 Mei 2021 | 15:28 WIB

Ilustrasi Timor Leste

Intisari-Online.com - Setelah merdeka dari Indonesia, orang Timor Leste mulai membangun negara dan bangsanya dari awal dengan bantuan komunitas internasional.

Perjalanan kesuksesan demokrasi Timor Leste hingga kegagalan kilang minyaknya ini kemudian dituliskan oleh seorang jurnalis Ian Lloyd Neubauer dalam sebuah artikel berjudul How East Timor went from democratic success to failed petro-state yang tayang di Nikkei Asia (17/10/2020).

Dalam perjalanannya membangun negara dan bangsanya, Timor Leste telah menunjukkan kepemimpinan global di antara negara-negara berkembang.

Timor Leste telah menikmati tahun-tahun pertumbuhan ekonomi berturut-turut dengan dukungan royalti minyak dan gas negaranya.

Baca Juga: Salah Satunya Berharga Bagi Sejarah Timor Leste, Inilah Sederet Kebijakan yang 'Dilahirkan' BJ Habibie Meski Hanya Menjabat Presiden Indonesia selama 517 Hari

Timor Leste ingin menghindari apa yang disebut kutukan sumber daya atau paradoks kelimpahan, yang menyatakan bahwa negara-negara yang berlimpah bahan bakar fosil dan mineral cenderung memiliki pembangunan ekonomi dan demokrasi yang lebih sedikit daripada negara-negara dengan sumber daya alam yang lebih sedikit.

Negara itu pun kemudian mengikuti contoh Norwegia dan menyimpan pendapatan tersebut dalam dana kekayaan kedaulatan khusus.

Kembali ke Timor Leste setelah lama absen pada tahun 2018, saya melihat beberapa contoh keberhasilan awal bangsa: rencana pemasangan listrik pedesaan yang meningkat mencakup dari 20% rumah tangga pada tahun 2002 menjadi 80%.

Hal itu telah membawa banyak desa keluar dari kegelapan.

Baca Juga: Tiba-tiba 'Diserbu' Puluhan Ribu Tunawisma Sementara Sumber Makanan Luluh Lantak, Timor Leste Sampai Harus Dikeroyok Dua Negara untuk Bisa Pulih dari Bencana Banjir