Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste Menyimpan Kisah Keluarga Jorge Carvarino yang Melarikan Diri Ke Australia saat Diinvasi Indonesia pada 1975, Ternyata Kedua Orangtuanya Merupakan Tokoh Penting

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 5 Mei 2021 | 15:09 WIB

Sejarah Timor Leste mencatat berbagai peristiwa dalam kronologinya, termasuk kisah keluarga Jorge Carvarino.

Intisari-Online.com - Sejarah Timor Leste mencatat berbagai peristiwa dalam kronologinya, termasuk kisah keluarga Jorge Carvarino.

Baru setelah dewasa, Jorge Carvarino dari Hamlyn Terrace menyadari posisi penting yang dipegang orang tuanya di Timor Leste sebelum diserang oleh Indonesia pada tahun 1975.

Dibawa ke Australia pada usia enam tahun, bersama dengan saudara laki-laki dan perempuannya, Carvarino dibesarkan oleh kakek nenek dari pihak ibu, yang melarikan diri dari Timor Leste selama invasi.

Dia tidak menemukan bahwa orang tuanya, keduanya tokoh politik Timor Leste sebelum invasi, mereka dipenjara dan akhirnya dibunuh.

Baca Juga: Inilah Bendera Timor Leste yang Juga Dikenal Sebagai Timor Timur, Salah Satu Makna Cahaya yang Menuntun Bangsa Menuju Masa Depan yang Lebih Cerah

Konsul Jenderal Timor-Leste di Sydney, Luciano Valentim da Conceicao, mencoba menarik minat Australian Broadcasting Corporation untuk membuat film dokumenter tentang keluarga tersebut dan melakukan kunjungan ke Coast pada 13 Januari 2021 untuk membahas proposal tersebut dengan Carvarino.

“Saya tidak begitu tahu banyak tentang sejarah keluarga saya saat tumbuh dewasa,” kata Carvarino.

“Saya datang ke Australia ketika saya berusia enam tahun dan tidak menyadari sampai lama kemudian bahwa orang tua saya sebenarnya sangat terlibat dalam gerakan dekolonisasi sebelum akhir penjajahan Portugis pada tahun 1975.

“Semuanya agak kabur.

Baca Juga: Timor Leste Merdeka Tapi Sosok Ini Tetap Pilih Tinggal di Indonesia, 'Enggan Mengenang Mimpi Buruk' Jadi Alasannya Bertahan Tak Pulang ke Kampung Halaman, Ini Kisahnya