Find Us On Social Media :

Timor Leste Merdeka Tapi Sosok Ini Tetap Pilih Tinggal di Indonesia, 'Enggan Mengenang Mimpi Buruk' Jadi Alasannya Bertahan Tak Pulang ke Kampung Halaman, Ini Kisahnya

By Khaerunisa, Senin, 3 Mei 2021 | 18:15 WIB

Referendum Timor Leste 1999.

Intisari-Online.com - Timor Leste melepaskan diri dari Indonesia melalui Referendum pada tahun 1999.

Hasil pemungutan suara akhirnya menunjukkan bahwa mayoritas warga Timor Leste yang saat itu bernama Timor Timur menolak berintegrasi dengan Indonesia.

Namun, ketika wilayah Timor Leste merdeka dari Indonesia, ternyata ada pula warganya yang memilih untuk tetap tinggal di Indonesia meski harus berpisah dengan keluarga.

Penduduk Timor Leste saat itu terpecah, ada yang pro terhadap integrasi dengan Indonesia dan ada pula kelompok pro-kemerdekaan.

Baca Juga: Padahal Jauh Lebih Kaya Raya dan Lebih Maju, Tetapi Taiwan Justru Disarankan Untuk Meniru Timor Leste, Rupanya Hal Inilah yang Harus Ditiru

Bahkan, satu keluarga pun dapat memiliki pilihan yang berbeda.

Keluarga Muhajir Hornai Bello, seorang pengunsi Timor Leste di Indonesia, menjadi salah satunya.

Melansir Tribun Papua (2/9/2019), Muhajir telah mengungsi ke Desa Noelbaki, Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) atau wilayah Timor Barat, pasca referendum tahun 1999.

Ia dan beberapa anggota keluarganya tiba dan mengungsi ke wilayah Indonesia tersebut dengan menumpang kapal TNI (Tentara Nasional Indonesia).