Find Us On Social Media :

Usianya Mencapai 1.600 Tahun, Mozaik Asal Periode Bizantium yang Mewah dengan Motif Geometri Warna-warni Ini Ditemukan di Kota Israel

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 2 Mei 2021 | 17:06 WIB

Mozaik Asal Periode Bizantium di Kota Israel

Intisari-Oline.com - Sebuah tim arkeolog telah menemukan mosaik berusia 1.600 tahun yang terawat baik di Yavne, di sebuah kota Israel tengah.

Berasal dari periode Bizantium, desain lantai mosaik geometris ditemukan selama penggalian zona industri yang ramai.

Yakni kemungkinan beroperasi selama abad ke-4 dan ke-5, menurut siaran pers yang diterbitkan Senin dari Otoritas Barang Antik Israel.

"Trotoar mungkin telah menjadi bagian dari bangunan tempat tinggal yang indah di lingkungan kaya yang berdekatan dengan zona industri," bunyi pernyataan itu.

Baca Juga: Festival Keagamaan Yahudi Ortodoks Berakhir Tragedi, 44 Orang Tewas hingga Anak-anak Terinjak-injak Saat 100.000 Orang Yahudi Berkumpul di Tempat Suci Ini, Bikin Pasukan Khusus Israel Turun Tangan 

Lapisan patina yang tebal — sejenis kilap yang menumpuk di permukaan seiring bertambahnya usia — awalnya mengaburkan desain mozaik.

Tetapi pengawetan yang cermat di Museum Rockefeller di Yerusalem menyingkapkan motif geometri warna-warni cemerlang yang diatur dalam bingkai persegi panjang hitam.

Selain itu, beberapa koin langka ditemukan tersegel di bawah lantai.

Baca Juga: Kisah Satu Orang 'Zvika Force' Israel: Sendirian Bertempur Seperti Orang Gila Mampu Menghentikan Seluruh Koprs Suriah yang Punya 100 Tank