Find Us On Social Media :

Timor Leste Merdeka Melalui Referendum, Ternyata Papua Sempat Membahas Hal Ini pada Presiden, Namun Mustahil Dilakukan karena Hal Ini

By Khaerunisa, Selasa, 20 April 2021 | 20:15 WIB

(ilustrasi) Timor Leste Merdeka Melalui Referendum, Ternyata Papua Sempat Membahas Hal Ini pada Presiden, Namun Mustahil Dilakukan karena Hal Ini

Intisari-Online.com - Referendum atau pemungutan suara, menjadi jalan bagi Timor Leste untuk melepaskan diri dari Indonesia pada tahun 1999.

Timor Leste berintegrasi dengan Indonesia setelah pasukan Indonesia menginvasi wilayah yang saat itu mengalami kekosongan kekuasaan pasca penarikan pasukan Portugal.

Pada tahun 1975, Timor Leste menjadi bagian wilayah Indonesia sebagai provinsi termuda.

Namun, rakyat Bumi Lorosae yang sejak awal bergabung dengan Indonesia telah terpecah menjadi dua kelompok, salah satunya kelompok pro-kemerdekaan, ternyata melanjutkan perlawanannya.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Pernah Berintegrasi dengan Indonesia, Menjadi Masa Kelam Alberto 'Diculik' dari Kampung Halaman, sampai Keluarga Menganggapnya Sudah Tiada

Terjadi perlawanan di Timor Leste yang saat itu bernama Timor Timur. Berbagai peristiwa yang diwarnai pertumpahan darah pun terus hadir.

Puncaknya adalah tragedi Santa Cruz, yang kemudian membuat dunia internasional memberikan perhatiannya ke wilayah Indonesia tersebut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa pun turun tangan, hingga referendum Timor Timur digelar.

Timor Leste bukan satu-satunya wilayah Indonesia yang berupaya melepaskan diri dari Indonesia. Hal serupa terjadi di Papua hingga saat ini.