Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste Pernah Berintegrasi dengan Indonesia, Menjadi Masa Kelam Alberto 'Diculik' dari Kampung Halaman, sampai Keluarga Menganggapnya Sudah Tiada

By Khaerunisa, Minggu, 18 April 2021 | 20:05 WIB

(ilustrasi) Sejarah Timor Leste Pernah Berintegrasi dengan Indonesia, Menjadi Masa Kelam Alberto 'Diculik' dari Kampung Halaman, sampai Keluarga Menganggapnya Sudah Tiada

Intisari-Online.com - Dalam sejarah Timor Leste, negara termuda di Asia Tenggara ini pernah menjadi bagian wilayah Indonesia.

Antara tahun 1975 hingga 1999, Timor Leste yang dulu bernama Timor Timur berintegrasi dengan Indonesia dan menjadi provinsi ke-27 RI.

Tapi, selama masa-masa itu, terus terjadi pemberontakan dari rakyat Timor Leste pro-kemerdekaan.

Sebelum diinvasi Indonesia, rakyat Timor Leste telah terpecah menjadi kelompok pro-kemerdekaan dan kelompok pro-integrasi dengan Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Diinvasi Indonesia: Kisah Anak-anak Jadi Korban Penculikan Terpisah dari Keluarga Puluhan Tahun, Seperti yang Terjadi pada Pria dan Wanita Ini

Rupanya perpecahan tersebut terus berlanjut saat Timor Leste berada di bawah pemerintahan Indonesia.

Perlawanan terus dilakukan, pertempuran antara kelompok separatis dan pasukan Indonesia terjadi di wilayah berjuluk Bumi Lorosae itu.

Selain berjatuhan korban jiwa, hilangnya anak-anak dari tanah kelahirannya juga menjadi kisah pilu sisa-sisa masa tersebut.

Anak-anak Timor Leste yang tak tahu apa-apa dipaksa terpisah dari keluarga dan meninggalkan tanah kelahirannya, seperti yang dialami pria bernama Alberto ini.