Find Us On Social Media :

Bangkai Kapal Uap Oria, Makam yang Terlupakan dari 4.200 Tentara Italia yang Jadi Tahanan Perang Jerman saat Perang Dunia II

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 10 Maret 2021 | 14:00 WIB

Kapal uap Oria yang tenggelam dan membawa tentara Italia sebagai tahanan Jerman.

Intisari-Online.com – Selama pendudukan Jerman di Dodecanese, komandan di wilayah tersebut adalah Jenderal Ulrich Kleemann dan kemudian Otto Wagener.

Ini terjadi setelah jatuhnya Fasisme, gencatan senjata Italia-Anglo-Amerika, dan intervensi Inggris.

Yang pertama sangat prihatin bahwa jika tahanan Italia yang berdesakan memberontak, mereka dapat mengalahkan sejumlah kecil pasukan pendudukan Jerman.

Hitler sendirilah yang menyadari bahaya ini dan mengirim personel dari Jerman untuk mengambil alih kapal dagang Italia yang diminta di Laut Aegea.

Baca Juga: ‘Bismarck Tidak Meledak’ Bangkai Kapal Tempur Jerman Ini Ketika Ditemukan Kondisinya Luar Biasa, Bahkan Papan Kayu Jati pada Geladaknya Masih Awet Setelah 45 Tahun

Maka dimulailah pemindahan tahanan dari pulau-pulau Yunani ke Jerman.

Namun yang terjadi adalah pembantaian: kapal uap Donizetti, pada malam antara 23 dan 24 September 1943, ditenggelamkan oleh dua kapal perusak Inggris, Eclipse dan Fury; Sinfra, 18 Oktober tahun itu, mengalami serangan udara dan tenggelam.

Petrella, sebelumnya bernama Ayron sebelum diminta oleh Prancis, ditorpedo oleh kapal selam Inggris Sportsman pada 8 Februari 1944 di pintu keluar dari pelabuhan Suda.

Kapal-kapal itu membawa, menumpuk di ruang penyimpanan, kargo manusia dari sekitar 10.000 tahanan Italia yang berlayar ke Piraeus; dari mereka sekitar 500 orang diselamatkan.

Baca Juga: 200 Ton Emas di Kapal Harta Karun Rusia yang Sengaja Ditenggelamkan Agar Tidak Jatuh ke Tangan Jepang Ini Ditemukan di Korea, Benarkah Demikian atau Hanya Publisitas Menaikkan Saham?

Kapal Oria, awalnya dimiliki oleh Angkatan Laut Norwegia sebagai Norda 4, membawa 4.115 tahanan, dan karena badai kapal itu hanyut dan kandas di dekat pulau Gaiduronisi, sekarang disebut Patroklos; total hanya 27 pria yang selamat.

Gino Manicone, seorang veteran kamp konsentrasi Rhodes, menulis dalam bukunya Italian in the Aegean, ‘ bangkai kapal yang mengerikan itu mewakili sebagian dari banyak yang terjadi di Laut Aegea selama pengembaraan tentara Italia yang ditawan.’

‘Jika Jerman dikutuk karena kebiadaban mereka, juga strategi untuk menenggelamkan banyak orang tak berdaya yang diperintahkan oleh Angkatan Laut Inggris harus dipertimbangkan.’

Jenderal Kleemann mencoba meyakinkan para tahanan Italia untuk mendaftar dan bertarung dengan pasukan Jerman; salah satu rekannya, yang sangat aktif, adalah kapten Italia Francesco Cerulli dan dedikasinya sedemikian rupa sehingga ia dengan cepat memenangkan promosi di lapangan menjadi mayor dan kemudian menjadi letnan kolonel.

Beberapa narapidana terdaftar untuk mencegah penderitaan hukuman penjara yang keras.

Ketika Jenderal Wagener mengambil alih komando, itu menandai periode kritis bagi seluruh penduduk dan bahkan lebih bagi para tahanan Italia yang tetap tinggal di pulau-pulau itu.

Dia memberlakukan rezim penahanan yang ketat, di mana tindakan yang tak terkatakan dilakukan untuk mendorong narapidana mencapai puncak kegilaan pembunuhan.

Pasca penyerahan pasukan Jerman yang terjadi pada tanggal 9 Mei 1945, Jenderal Wagener dan beberapa kolaboratornya diserahkan kepada keputusan Pengadilan Militer Roma.

Wagener dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena "telah menggunakan kekerasan terhadap orang Italia yang tidak berpartisipasi dalam operasi militer, menyebabkan kematian yang tidak diketahui jumlahnya karena penganiayaan, kelaparan, eksekusi sebagai pembalasan atas upaya untuk melarikan diri dan kurangnya perawatan kesehatan".

Intervensi Vatikan dan tekanan yang diberikan oleh Kanselir Jerman Adenauer terhadap Perdana Menteri Italia Alcide De Gasperi, mendesak Bapak Luigi Einaudi, presiden Republik Italia, untuk memberikan pengampunan.

Oleh karena itu tidak ada yang menghabiskan masa kurungan tetap di penjara.

Baca Juga: Bangkai Kapal USS Emmons Ini Sengaja Ditenggelamkan agar Tidak Ditangkap Jepang, Masih Terdapat Persenjataan yang Belum Meledak di Dalamnya

Penemuan bangkai kapal Oria

Aristotelis Zervoud adalah seorang Yunani, penyelam profesional, instruktur, ahli sejarah dan peneliti bawah air, sejak 1995, dikreditkan dengan penemuan bangkai kapal Oria.

Itu terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1999 karena informasi yang diterima oleh beberapa nelayan setempat. Dia mendengar bahwa di sebelah timur pulau Patroklos ada bangkai kapal.

Dia memulai penelitian dan, setelah beberapa kali mencoba, dia menemukan artefak militer: beberapa kaleng berantakan dengan tulisan dalam bahasa Italia.

Ini menunjukkan kepadanya bahwa bangkai kapal itu membawa tentara Italia dalam perjalanan terakhirnya.

Dua tahun kemudian dia mengetahui sebuah laporan disimpan di arsip Komando Angkatan Laut Jerman yang menunjukkan nama kapal, kapal uap Oria, dan alasan tenggelamnya kapal tersebut.

Pada 2002, dia menerbitkan laporan tentang penemuan itu dan, pada 2008, dia dihubungi oleh seorang arsitek Italia, Michele Ghirardelli, yang telah lama mengikuti jejak kakeknya yang dilaporkan hilang oleh pihak berwenang Italia.

Bersamaan dengan kegiatan Aristotelis, di Italia Michele sedang meneliti dokumen.

Kerabat korban lainnya bergabung dengannya; daftar awal 30 nama terus meningkat di bulan-bulan berikutnya.

Baca Juga: Puing-puing Kapal Selam Jerman Sisa Perang Dunia I Ditemukan di Dasar Laut, Awak Kapalnya Klaim Diserang oleh Monster Laut Hingga Tenggelam

Saat ini ada lebih dari 300 kerabat, tetapi beberapa keluarga lain meminta kabar tentang apa yang terjadi pada kerabat mereka.

Daftar personel yang memulai perjalanan bencana itu disediakan dari Arsip Sejarah Angkatan Laut Italia dan Palang Merah.

Melalui dokumen-dokumen tersebut, dimungkinkan untuk memberikan fakta tertentu kepada mereka yang menerima sertifikat menteri dengan istilah “bubar”.

Akhirnya, terjalin kontak antara Aristotelis dan Michele, juga seorang penggemar selam, dan kemudian penyelam ketiga bergabung, Luciano de Donno.

Pada tahun 2011 ketiganya menyelenggarakan penelitian bawah air yang diikuti oleh penelitian lainnya, salah satunya dengan menyertakan operator penyelam Radio dan Televisi Italia.

Layar terakhir Oria

Oria adalah kapal kargo seberat 2.127 ton yang diluncurkan di galangan kapal Osbourne Graham & Co di Oslo pada tahun 1920.

Dengan panjang 86,9 meter, lebar 13,3 meter; kapal Oria memiliki kecepatan jelajah 10 knot.

Setelah diambil alih oleh Jerman setelah pendudukan Norwegia, ia diserahkan ke tangan otoritas Vichy Prancis, kemudian kembali pada tahun 1942 ke Norwegia, untuk menyelesaikannya di Mittlemeer Reederei di Hamburg.

Baca Juga: Bangkai Kapal Tanker Perang Dunia II yang Masih Terisi Bahan Bakar di Dasar Laut Bagaikan Bom Waktu Ekologis

Oria adalah salah satu kapal yang digunakan sejak September 1943 untuk pemindahan tahanan Italia.

Pelayaran terakhirnya dimulai dari Rhodes pada 11 November 1944 menuju Piraeus: kargo manusianya, menurut daftar yang disusun secara ringkas selama pemuatan (mungkin karena faktor penafsiran), terdiri dari 4.046 orang Italia, termasuk 43 perwira Angkatan Darat, 118 non - perwira yang ditugaskan dan 3.885 tentara selain 90 tentara Jerman pengintai dan kru Norwegia.

Selain itu, ditemukan pula sejumlah besar oli mineral dan ban untuk roda kendaraan berat.

Orang Italia, setelah mendarat di Piraeus, dipindahkan ke gerbong kereta untuk transportasi ke kamp tahanan di Jerman atau ke Rusia sebagai buruh untuk unit Jerman.

Orang Italia diinternir dan tidak dianggap tawanan perang karena mereka menepati sumpah mereka kepada Raja dan Tanah Air dengan menolak bergabung dengan fasisme Nazi.

Mereka menderita pelecehan dan kelaparan. Mereka dijejalkan ke dalam palka kapal dengan palka ditutup dari luar karena mereka tidak bisa keluar ke geladak kapal, kondisinya memprihatinkan.

Itu kurang menghormati pengangkutan manusia yang melanggar peraturan keselamatan.

Malam berikutnya di awal, konvoi yang terdiri dari Oria dan tiga kapal pengawal Jerman, dilanda badai besar di laut dan angin di SW 11 pada Skala Beaufort.

Tuan dari Oria, Bjarne Rasmussen dari Norwegia, diperintahkan untuk menjauh dari pantai karena takut berakhir di bebatuan.

Baca Juga: Bangkai Kapal Pengangkut Bijih Mangan Ini Ditorpedo oleh Kapal Selam Jepang Ditemukan di Perairan Australia dalam Keadaan Utuh dan ‘Duduk’ Tegak di Dasar Laut

Dia tidak takut bertemu kapal selam musuh yang sudah dilaporkan di hari-hari sebelumnya.

Stabilitas kapal, mengingat beban keseluruhan, agak genting. Papan bebas dari permukaan air kecil. Itu mulai mengambil air.

Kemudi tidak merespons; dan kapal hanyut dan hancur di bebatuan pulau Patroklos, dekat Tanjung Sounion. Hanya 25 mil dari pertemuan tujuan akhir Piraeus.

Bangkai kapal itu menjadi bencana. Tim penyelamat dari Piraeus datang terlambat dua hari karena badai laut.

Total, ada 37 orang yang diselamatkan selain komandan kapal Rasmussen, insinyur motor pertama, 5 awak kapal, enam pengawal Jerman, dan seorang Yunani.

Semua pria lainnya tewas terperangkap di dalam palka tanpa jalan keluar, karena palka ditutup dari luar.

Salah seorang yang selamat mengatakan bahwa dia diselamatkan bersama dengan lima pria lainnya karena dia berhasil berpegangan pada lemari yang setengah tertutup air di sebuah ruangan yang terbuka.

Teman mereka yang lain tewas saat mencoba keluar dengan berenang.

Mereka kemudian diselamatkan oleh kapal tunda Italia dari Athena; awak kapal terpaksa memotong lembaran logam dari lambung dengan obor.

Baca Juga: Bangkai Kapal di Dasar Laut Ini Ditemukan Berisi Kiriman Brendi dan Minuman Keras Terakhir Milik Tsar Nicholas II

Kapal pecah menjadi dua bagian dan yang selamat berada di area depan.

Mayat para prajurit, setelah bebas dari cengkeraman karena hancurnya kapal, mulai melayang ke permukaan laut.

Sekitar 300 mayat terbawa ke darat dan dikumpulkan di kuburan massal oleh para interniran militer Italia lainnya, yang dibawa secara paksa ke lokasi tersebut.

Dua diantaranya masih hidup dan memberikan bukti berharga.

Banyak mayat lain tetap di situ atau tersebar di laut, bahkan berbulan-bulan setelah muncul berkilo-kilometer jauhnya.

Selama bertahun-tahun mayat-mayat  itu menghentikan para nelayan yang mengejar aktivitas mereka di wilayah laut itu; mereka bahkan tidak berani mandi di air itu untuk menghormati orang-orang yang terbuang.

Pada kesempatan yang sama, sebuah plakat dipasang di dasar laut.

Di tepi laut Tanjung Souniou, terlepas dari permohonan para korban, tidak ada pengamanan terhadap pengacau yang secara sistematis melanggar jenazah.

Satu-satunya perlindungan, hingga saat ini, adalah pernyataan UNESCO yang mendefinisikan bangkai kapal sebagai kuburan orang-orang yang tewas di dalamnya.

Baca Juga: Bangkai Kapal ‘Holy Grail; Ditemukan pada 2015 dengan Kargo Senilai Ratusan Triliun Rupiah, Termasuk Artefak Cangkir Teh dan Kendi Keramik

Tapi Oria yang berada di kedalaman dari nol hingga enam puluh meter seharusnya memiliki perlindungan eksplisit sebagai "Kuil Laut".

Daerah Aegean lainnya mengalami nasib yang tidak pasti di mana lebih dari 15.000 tentara Italia dimakamkan.

Di Sermoneta, di provinsi Latina, di sebuah gereja kecil, Pastor Fino, pendeta di Rhodes, mendirikan kuil untuk mengenang para Veteran yang Jatuh dan Aegean, sayangnya, sekarang dalam reruntuhan.

Sebuah plakat yang ditempelkan di dekat lonceng perunggu, berbunyi: “Lonceng ke-15 lonceng ini adalah gema dari isak tangis para ibu dari 15.000 Jatuh di Laut Aegea. Setiap lonceng membangkitkan ingatan, setiap ingatan memunculkan doa.”

Baca Juga: Benarkah Bangkai Kapal Jerman Ini Simpan Harta Karun Rusia yang Terkenal, ‘Ukiran Berlapis Emas, Cermin, dan Banyak Panel Kuning’?

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari