Find Us On Social Media :

‘Bismarck Tidak Meledak’ Bangkai Kapal Tempur Jerman Ini Ketika Ditemukan Kondisinya Luar Biasa, Bahkan Papan Kayu Jati pada Geladaknya Masih Awet Setelah 45 Tahun

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 9 Maret 2021 | 12:00 WIB

Bangkai kapal tempur Jerman, Bismarck, yang ditemukan dalam kondisi baik setelah 45 tahun.

Intisari-Online.com – Sebuah rekaman video penyelam ke bangkai kapal ini cukup membuat ketagihan melihatnya.

Bangkai kapal Bismarck, yang diserang dengan torpedo oleh pesawat Swordfish, sepertinya tidak butuh banyak waktu untuk membuatnya siap perang lagi.

Tingkat pengawetan kapal Bismarck ini sungguh luar biasa.

Bangkai kapal Bismarck ditemukan pada tanggal 8 Juni 1989 oleh Dr. Robert Ballard, ahli kelautan yang bertanggung jawab untuk menemukan RMS Titanic.

Baca Juga: 200 Ton Emas di Kapal Harta Karun Rusia yang Sengaja Ditenggelamkan Agar Tidak Jatuh ke Tangan Jepang Ini Ditemukan di Korea, Benarkah Demikian atau Hanya Publisitas Menaikkan Saham?

Bismarck ditemukan sedang beristirahat tegak di kedalaman sekitar 15.719 kaki (4.791,15 meter) sekitar 400 mil (643,74 km) sebelah barat Brest.

Kapal menabrak gunung berapi bawah laut yang sudah punah, yang naik sekitar 3.300 kaki (1.005,8 meter) di atas dataran jurang di sekitarnya, memicu tanah longsor 1,2 mil (1,93 km).

Bismarck meluncur menuruni gunung, berhenti dua pertiga ke bawah.

Lambungnya berdiri tegak tertanam dalam lumpur yang menutupi lunas hingga setinggi garis air yang dirancang kapal.

Baca Juga: Bangkai Kapal USS Emmons Ini Sengaja Ditenggelamkan agar Tidak Ditangkap Jepang, Masih Terdapat Persenjataan yang Belum Meledak di Dalamnya