Find Us On Social Media :

200 Ton Emas di Kapal Harta Karun Rusia yang Sengaja Ditenggelamkan Agar Tidak Jatuh ke Tangan Jepang Ini Ditemukan di Korea, Benarkah Demikian atau Hanya Publisitas Menaikkan Saham?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 8 Maret 2021 | 11:35 WIB

200 ton emas di kapal harta karun Rusia Dimitrii Donskoi, benarkah memang ada?

Intisari-Online.com – Kapal perang Rusia Dimitrii Donskoi ditenggelamkan 116 tahun yang lalu agar tidak jatuh ke tangan Jepang.

Ini terjadi setelah pertempuran Tsushima selama perang Rusia-Jepang.

Kapal tersebut ditenggelamkan dari pulau Ulleungdo pada tahun 1905 dan diyakini membawa kargo yang sangat berharga.

Yaitu berisi pasokan emas dari Skuadron Pasifik Kedua, yang dalam dolar hari ini bernilai lebih dari $113 miliar (sekitar 1,61 kuardriliun Rupiah).

Baca Juga: Bangkai Kapal USS Emmons Ini Sengaja Ditenggelamkan agar Tidak Ditangkap Jepang, Masih Terdapat Persenjataan yang Belum Meledak di Dalamnya

Di tahun 2018, tim penyelamat Korea Selatan menemukan bangkai kapal tersebut.

Dan sejak penemuan itu, kelompok operasi militer Rusia menuntut agar kekayaan dikembalikan ke Rusia sebagai isyarat niat baik.

Yaroslav Livanskiy, seorang pejabat yang mewakili Gerakan Publik Rusia untuk Memperingati Mereka yang Meninggal karena Mempertahankan Tanah Air, dan pemimpin kelompok penyelamat di Rusia Timur, menyatakan bahwa kapal penjelajah itu sangat berharga bagi Rusia.

Kapal tersebut dikatakan sebagai peninggalan yang tak ternilai, simbol masa lalu heroik dan tragis mereka, dan juga bagian penting dari sejarah militer Rusia.

Baca Juga: Puing-puing Kapal Selam Jerman Sisa Perang Dunia I Ditemukan di Dasar Laut, Awak Kapalnya Klaim Diserang oleh Monster Laut Hingga Tenggelam