Find Us On Social Media :

Puing-puing Kapal Selam Jerman Sisa Perang Dunia I Ditemukan di Dasar Laut, Awak Kapalnya Klaim Diserang oleh Monster Laut Hingga Tenggelam

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 3 Maret 2021 | 12:00 WIB

Awak kapal selam Jerman U-148 mengklaim diserang oleh monster laut.

Intisari-Online.com – Kisah monster laut dan keanehan lainnya selalu saja menjadi klaim para pelaut dan kapalnya di sepanjang kisah sejarah angkatan laut.

Tak mengherankan bila itu bisa jadi bukti kebosanan dan kecerdikan kreatif dari kasta pelaut.

Anda tentu berharap kisah-kisah ini menghilang sejalan dengan modernitas, tapi nyatanya tidak.

Faktanya, insinyur Skotlandia menemukan sisa-sisa kapal selam Jerman Perang Dunia I sambil memasang kabel listrik di bawah laut.

Baca Juga: Bangkai Kapal Tanker Perang Dunia II yang Masih Terisi Bahan Bakar di Dasar Laut Bagaikan Bom Waktu Ekologis

Ahli lain meyakini bahwa itu adalah UB-85, kapal selam Jerman yang diklaim awaknya diserang dan ditenggelamkan oleh monster laut.

Kisah ini sering kali diulang selama bertahun-tahun, namun seorang sejarawan tentu saja tidak mempercayainya.

Dia mengatakan ada benang merah ke cerita yang cocok dengan cerita di tahun 1920-an, dan kemungkinan penyebabnya berkaitan dengan fakta perang.

Innes McCartney, sejarawan dan arkeolog kelautan di Bournemouth University, menyalahkan wartawan atas penyebaran cerita yang terus-menerus.

Baca Juga: Bangkai Kapal Pengangkut Bijih Mangan Ini Ditorpedo oleh Kapal Selam Jepang Ditemukan di Perairan Australia dalam Keadaan Utuh dan ‘Duduk’ Tegak di Dasar Laut