Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste Penuh Pertempuran, Siapa Sangka 'Warisan' Jepang Pengingat Penjajahan Berdarah Ini Justru Berguna Bagi Fretilin saat Hadapi Pasukan Indonesia

By Khaerunisa, Sabtu, 20 Februari 2021 | 14:55 WIB

Terowongan Venilale. Sejarah Timor Leste Penuh Pertempuran, Siapa Sangka 'Warisan' Jepang Pengingat Penjajahan Berdarah Ini Justru Berguna Bagi Fretilin saat Hadapi Pasukan Indonesia

Intisari-Online.comSejarah Timor Leste penuh dengan pertempuran, termasuk jadi medan pertempuran selama Perang Dunia II (PD II) dan invasi oleh Indonesia.

Di masa Perang Dunia II, terjadi pertempuran antara pasukan Jepang dan sekutu. Pasukan sekutu terutama dari Australia, Inggris Raya, dan Hindia Belanda.

Serangan pasukan Jepang pada awal tahun 1942 ditanggapi oleh perlawanan pasukan kecil personel militer sekutu yang dikenal sebagai Sparrow Force.

Dalam pertempuran itu, penduduk lokal ikut membantu pasukan sekutu menghadapi gempuran Jepang.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Jadi Medan Pertempuran Perang Dunia II, Kisah Anak Laki laki Timor yang Pertaruhkan Nyawa Bantu Pasukan Australia Dikenang Sepanjang Masa

Bahkan, ketika pasukan sekutu dievakuasi yang menandai berakhirnya kehadiran mereka di Pulau Timor dan kemenangan Jepang, beberapa orang Timor melanjutkan kampanye perlawanan.

Namun, bantuan mereka harus dibayar dengan mahal ketika Jepang berkuasa di wilayah itu sejak 1943. Puluhan ribu warga sipil Timor tewas akibat pendudukan Jepang, yang berlangsung hingga akhir perang pada tahun 1945.

Meski akhirnya menang, Jepang menghadapi perlawanan sengit, bahkan pasukan Jepang harus menjelajah semakin jauh ke pedalaman.

Serangkaian terowongan digali untuk digunakan sebagai tempat berlindung pasukan Jepang di sebuah kota sepi di Timor Leste, Venilale.