Find Us On Social Media :

Kilang Barunya di Tuban Bikin Warga Desa Borong Mobil, Pertamina Ternyata Sudah Punya Rencana Bangun Kilang Baru Lain, Ini Lokasinya

By Maymunah Nasution, Jumat, 19 Februari 2021 | 15:52 WIB

Jokowi tinjau kilang minyak di Tuban bersama Ahok dan Erick Thohir

Intisari-online.com - Pembebasan lahan di Tuban untuk proyek kilang minyak dan petrokimia Grass Root Refinery (GRR) Pertamina telah membuat jagat maya Indonesia ramai.

Pasalnya, lahan 821 hektar yang dibebaskan dari lahan warga itu langsung membuat warga Tuban kaya raya.

Terdapat 225 kepala keluarga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban yang mendapatkan ganti rugi miliaran rupiah untuk lahan yang mereka 'bebaskan'.

Menjadi kaya mendadak, para warga desa Tuban segera memborong 176 mobil sebagai nikmat atas kekayaan yang mereka miliki.

Baca Juga: Bersama Pertamina, Perusahaan Rusia Inilah Pemborong 821 Hektar Lahan Warga Desa Tuban Sampai Kaya Mendadak, Tapi Nyatanya Pernah Ditolak Beroperasi di Negara Tetangga Indonesia Karena 'Bisikan' Mitra Indonesia Ini

Pembebasan lahan ini termasuk dari upaya PT Pertamina (Persero) untuk melipatgandakan produksi BBM.

Rencananya, Pertamina ingin meningkatkan produksi BBM dari 853 barel per hari (bph) menjadi 1,57 juta bph, agar tidak bergantung pada impor BBM.

Tahun 2017 lalu, Pertamina menargetkan membangun 6 kilang, meliputi 4 Refinery Development Master Plan (RDMP) atau pengembangan kilang yang sudah ada, dan 2 kilang baru atau New Grass Root Refinery (NGRR).

Tuban akan menjadi salah satu kilang baru, sedangkan pengembangan kilang lawas dilaksanakan di RDMP Cilacap, Balongan, Dumai dan Balikpapan.

Baca Juga: Kini Kalap Jorjoran Belanja Mobil Setelah Terima Kompensasi Kilang Minyak, Tak Disangka Warga Desa Tuban Dulunya Sempat Ogah Terima Proyek Ini Tahun 2019, Ini Alasannya