Find Us On Social Media :

Dibantu Korea Utara dan China, Terungkap Ada Bocoran yang Menyebut Myanmar Punya Senjata Rahasia yang Sedang Digarap Militernya, Apa Itu?

By Maymunah Nasution, Kamis, 4 Februari 2021 | 16:04 WIB

Foto-foto fasilitas militer rahasia Myanmar yang disokong Korea Utara dan China

Intisari-online.com - Militer Myanmar kembali lagi menguasai pemerintahan Myanmar dan berkuasa.

Kekuasaan didapatkan oleh Tatmadaw atau militer Myanmar dengan cara menggulingkan pemerintahan sah yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi sejak ia menang di pemilu November lalu.

Rupanya, banyak sekali rahasia yang dimiliki oleh Tatmadaw itu sendiri.

Salah satunya berkaitan dengan pengadaan senjata rahasia yang digarap bersama China dan Korea Utara.

Baca Juga: Militer Berhasil Menguasai Myanmar, Siapa Sangka China Kena Getahnya Dituduh Bantu Militer Myanmar Lakukan Kudeta, Dari Sini Asal Tuduhannya?

Dari sebuah artikel milik John Arterbury yang diterbitkan tahun 2014 di The Irrawaddy, jurnalis Myanmar sudah mencurigai adanya proyek senjata rahasia di negara mereka.

Jurnalis di negara itu sudah dihukum kerja paksa untuk menuliskan mengenai instalasi rahasia yang ada di Myanmar.

Namun kecurigaan mereka justrus membahayakan mereka, dengan investigasi yang diketahui pemerintah justru menyebabkan mereka ditangkap dan dipenjara dan pemerintah mengangkut koran-koran agar tidak dibeli siapapun.

Tahun 2014 itu, 4 penulis dan kepala perusahaan koran Unity Journal menghadapi hukuman kerja paksa 10 tahun.

Baca Juga: Begini Sejarah Singkat Myanmar, dari Nama Sebelumnya Burma dan Mengapa Sekarang Disebut Myanmar, Penghuni Pertama Negara Ini, Hingga Kudeta oleh Militernya Sendiri