Find Us On Social Media :

Begini Sejarah Singkat Myanmar, dari Nama Sebelumnya Burma dan Mengapa Sekarang Disebut Myanmar, Penghuni Pertama Negara Ini, Hingga Kudeta oleh Militernya Sendiri

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 4 Februari 2021 | 12:40 WIB

Mengenal negara bagian Myanmar.

Intisari-Online.com – Pihak militer Myanmar mengumumkan pemerintahan darurat selama satu tahun untuk menjaga stabilitas negara, setelah mereka mengambil pemerintahan dari Aung San Suu Kyi.

Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi bersama sejumlah tokoh senior Partai National League for Democracy (NLD) ditangkap dalam sebuah penggerebekan, Senin (1/2/2021).

Penangkapan tersebut terjadi setelah meningkatnya ketegangan antara pemerintahan sipil dengan militer dalam beberapa hari terakhir.

Ada baiknya kita mengenal tentang masa lalu negara Myanmar, dari nama sebelumnya Burma, dan dari penghuni awalnya, Pyu pada tahun 849.

Baca Juga: China dan Rusia Tak Ingin PBB Mengutuk Kudeta Militer Myanmar, Ternyata 'Koridor Ekonomi China-Myanmar' Tengah Dikerjakan

Myanmar, memiliki sejarah yang panjang dan diselingi dengan traumatis.

Letak Myanmar berbatasan dengan Thailand, China, Bangladesh, Laos, dan India Timur Laut di utara dan timurnya, dengan bentangan garis pantai yang panjang di sebelah barat yang berbatasan dengan Teluk Benggala dan Laut Andaman.

Meskipun ada tanda-tanda budaya yang sudah ada sejak 11.000 SM,  dengan temuan perkakas batu, hewan peliharaan dan juga mengikuti bukti dari zaman perunggu dan zaman besi hingga 200 SM.

Penghuni pertama yang tercatat adalah Pyu (tiba di Yunnan pada abad ke-2 SM), yang berasal dari Qinghai dan Gansu (China) saat ini.

Baca Juga: Anggap Tindakan Militer Myanmar Lakukan Kudeta Sudah Keterlaluan, Inilah yang Akan Dilakukan Joe Biden Untuk Menghukum Militer Myanmar